Alga ‘The Panas Dalam Band’: PPP Berkomitmen Menjaga Prinsip-prinsip Islam

81
PPP
Dok. PPP

PPP.OR.ID, Bandung – Caleg PPP untuk DPRD Kota Bandung, Alga Indria, terlihat berbeda dengan caleg pada umumnya. Rambutnya dipotong model mohawk dengan bagian kanan-kiri kepala dicukur habis, meninggalkan baris rambut di bagian tengah yang ditata tegak ke atas.

Walaupun gaya rambutnya terlihat “sangar” ala anak punk, anggota band The Panas Dalam ini mengaku sangat peduli dengan sesamanya. Ia pun diketahui bergulat di sejumlah komunitas di Kota Bandung, seperti Komunitas Mural Bandung yang mewarnai kota dengan berbagai gambar menarik.

“Sampai saat ini darah saya adalah darah seni dan aktif di berbagai komunitas di Kota Bandung dan juga sebagai salah satu vokalis band genre Rock,” kata Alga, Selasa (12/3/2019).

Alga mengaku berprofesi sebagai Creative Director di biro desain miliknya. Ia juga menyebut mempunyai perhatian pada dunia religius, yang dibuktikan dengan mendirikan Komunitas Musisi Mengaji.

Terjunnya ia ke politik karena ia mengaku pada dasarnya sejak mahasiwa sudah aktif di organisasi. Bahkan ia pernah menjadi Presiden BEM Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2002. Setelah kuliah ia pun aktif ekstraparlementer.

“Ternyata kalau ingin memperbaiki sistem, kita harus masuk pada sistem tersebut. Kemudian berlabuh di PPP, karena partai ini mempunyai komitmen untuk menjaga prinsip-prinsip Islam,” katanya.

Lebih lanjut ia menyebut antara seni, dakwah, dan politik bisa saling berhubungan. Ia pun mencontohkan Walisongo di awal masuknya Islam menggunakan seni dan budaya untuk berdakwah. Melalui politik juga, banyak nilai dan spirit Islam yang bisa diperjuangkan.

“Syiar, dahwah, Islam, dan seni tidak bisa dipisahkan dan itu saya melihatnya ada di PPP. Makanya saya merasa cocok dengan PPP. Seperti halnya yang dicontohkan oleh para Walisongo, Islam masuk ke Indonesia tanpa ada unsur kekerasan, masuk melalui nilai universalitas Islam itu sendiri, makanya Islam berkembang begitu pesat di Indonesia,” pungkas Alga. (*)