Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

PPP: Inilah Kriteria Cawapres Pendamping Jokowi di 2019

09 Mei 2018 - 15:23:45 | 226

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menegaskan, tidak terikat satu nama terkait dengan calon wakil presiden yang akan mendampingi Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang.

Ketua Umum PPP, M. Romahurmuziy atau yang akrab disapa Gus Rommy, mengungkapkan pihaknya lebih menekankan pada pengusulan kriteria calon wakil presiden yang dibutuhkan oleh Jokowi. Pertama yakni orang yang berintegritas, tidak pernah terlibat persoalan hukum maupun moral. Kedua santun, santri dan berjiwa ulama. Karena Jokowi perwakilan nasionalis dan kebangsaan maka untuk keutuhan NKRI kelompok agamis menjadi pendamping yang tepat.

"Selanjutnya, orang yang miliki pengalaman dan kompetensi. Karena tidak mungkin orang tidak pernah mengemban jabatan publik apa pun hanya bermodal popularitas tiba-tiba duduk. Maka perlu orang berpengalaman pada jabatan eksekutif maupun legislatif," ujarnya saat berkunjung ke Banjarnegara, Selasa (8/5/2018).

Kriteria berikutnya yakni muda. Sebab 40 persen pemilih dalam pilpres mendatang berusia di bawah 40 tahun. Mereka adalah orang atau pemilih yang loyal dengan generasinya maka cocok bila pendamping Jokowi sosok yang bisa menjangkau generasi milenial tersebut. Kemudian yang terakhir adalah yang bisa diterima Jokowi dan seluruh parpol pengusung.

Saat ditanya lebih lanjut, mengenai nama Gus Rommy  yang kerap disebut masuk dalam bursa calon wakil presiden pendamping Jokowi, Gus Romy merespon setiap ketua umum parpol harus siap menjadi presiden maupun wakil presiden. Karena pintu pencalonan presiden maupun wakil presiden hanya melalui parpol. (Oky)