Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Achmad Baidowi: Perppu Ormas Perlu Direvisi Sebelum Diloloskan

13 Oktober 2017 - 18:59:46 | 123

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga Anggota Komisi II Achmad Baidowi menyampaikan pentingnya Perppu Ormas direvisi.  Kekurangan-kekurangan dalam Perppu Ormas cukup banyak dan berbahaya jika Perppu Ormas diloloskan tanpa direvisi.

"Kalau nggak direvisi bahaya. Contoh misalkan peran pengadilan di situ hilang," kata beliau, Kamis (12/10/2017).

Dalam Perppu Ormas, peran pengadilan bukan untuk mengizinkan atau tidak mengizinkan pencabutan Ormas, namun hanya sebatas menilai keputusan pemerintah baik atau salah. Kewenangan sepenuhnya terkait pembekuan dan pencabutan ditangan pemerintah.

Jika nanti ormas merasa tidak terima atas pencabutan izin karena dinilai pemerintah sewenag-wenang misalnya dan mengajukan gugatan belum tentu dapat merubah sesuatu. Atau dalam kata lain andikata Ormasnya yang menang dalam gugatan lembaga peradilan hanya keputusan yang tidak memiliki konsekwensi wajib untuk dilaksanakan oleh pemerintah.

"Kira-kira itu fungsi pengadilan ke depan. Itu yang menjadi (kekurangan Perppu Ormas dari) catatan kami," imbuh beliau.

Lebih jauh mengenai peran peradilan dalam Perppu Ormas, menurut logika hukum siapa yang memberikan izin adalah orang yang memiliki hak untuk mencabutnya juga. Namun, disini nanti jika diloloskan tanpa revisi langkah hukum keberatan dan peradilan menjadi tidak terlihat memiliki peran memutuskan, tapi hanya sebagai penilaian saja. (ZA)