Logo PPP

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Anggota Fraksi PPP Minta Pemerintah Transparan Terhadap Data TKA Ilegal Asal China

28 Desember 2016 - 21:57:11 | 776

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - JAKARTA  Anggota Komisi IX Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Irgan Chairul Mahfidz mengatakan, keberadaan tenaga kerja asing (TKA) asal Cina baik yang legal maupun ilegal di Indonesia tidak dapat dipungkiri. Dikatakannya, bahkan TKA asal Cina tersebut bekerja tidak sebagai tenaga ahli.

"TKA asal Cina tidak bisa kita bantah. Beberapa temuan kita dapati seperti di daerah Bogor ada TKA asal Cina kerja di bidang perkebunan," kataa Irgan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (28/12/2016).

Irgan pun meminta pemerintah transparan dalam memaparkan jumlah TKA asal Cina yang bekerja di Indonesia. Karena menurutnya, kebijakan bebas visa yang diberlakukan pemerintah dapat menjadi sumber munculnya TKA ilegal.

"Kita minta pemerintah transparan terhadap data TKA ilegal asal Cina yang datang ke Indonesia. Kebijakan bebas visa kunjungan ke Indonesia juga harus dikaji agar tidak disalahgunakan," tuturnya.

Masih kata Irgan, dirinya meminta agar pemberian izin terhadap warga negara asing yang hendak bekerja di Indonesia harus diperketat. Menurutnya, harus ada kontrol dan pengawasan terhadap WNA yang hendak bekerja di Indonesia.

"Izin gunakan TKA asing harus diperketat. Ini harus ada kontrol. Jangan kedatangan mereka kita pantaau tapi mereka tinggal dimana dan lakukan kegiatan apa tidak terpantau, ujarnya."(TRIBUNNEWS.COM/TN)