Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Anggota MPR Fraksi PPP Bicara Wawasan Kebangsaan Dalam Tantangan Globalisasi

10 Februari 2018 - 14:34:06 | 138

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) MPR RI, Arwani Thomafi bicara tentang pentingnya memahami dan menghayati wawasan kebangsaan, utamanya bagi para generasi penerus bangsa.

Hal itu dinilai penting untuk membentengi masyarakat dari serbuan budaya asing di era globalisasi dan digitalisasi sekarang ini.

Arwani menilai, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam wawasan kebangsaan saat ini belum mampu menjaga jati diri, karakter, moral dan kemampuan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai permasalahan nasional dan tantangan global.

"Dewasa ini, wawasan kebangsaan sudah mulai tergeser oleh berbagai budaya asing yang datang dari luar, dan kita cenderung tidak peduli atau apatis terhadap wawasan kebangsaan tersebut,” terang Arwani dalam Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MRR RI di Yayasan YASIHA Kecamatan Gubug, Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (9/2/2018).

Lebih lanjut Arwani menjelaskan, saat ini tidak sedikit di antara para generasi muda yang justru lebih membanggakan negara lain ketimbang negaranya sendiri, yang menurut pandangan mereka lebih baik dan lebih modern.

“Semua itu disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya yakni gencarnya serbuan budaya asing di era globalisasi, dimana interaksi setiap manusia sudah tidak lagi dibatasi oleh sekat sebuah negara. Kecanggihan teknologi membuat setiap orang bisa berkomunikasi dengan siapa saja,” jelas Wakil Ketua Umum DPP PPP itu.

Arwani mengingatkan, wawasan kebangsaan adalah hasrat yang sangat kuat untuk bersama-sama mengatasi segala perbedaan, diskriminasi dan permasalahan nasional, dan wawasan itu penting untuk diimplementasikan dalam keseharian.

“Wawasan kebangsaan mutlak di miliki setiap warga negara Indonesia. Wawasan kebangsaan tidak timbul dengan sendirinya, tetapi muncul bertahap pada diri seseorang, dengan seringnya menegakkan wawasan serta di diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jateng III tersebut. (Af)