Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Cerita Emil-Uu Berjodoh Maju Pilgub Jabar

09 Januari 2018 - 16:44:04 | 150

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Memang jauh-jauh hari Ridwan Kamil (Emil) sudah mendeklarasikan dirinya untuk maju sebagai Calon Gubernur Jawa Barat. Beberapa partai politik pun siap menyokongnya. Perjalanan Emil menemukan dan menentukan Cawagub pendampingnya menyimpan banyak cerita, alih-alih menuai rintangan alias tidak mulus.

Sejak awal Partai NasDem mengusung Emil, dilanjuat PKB, PPP dan Golkar, terakhir Hanura. Nama kader Golkar, Daniel Muttaqien sempat dipasangkan dengan Emil. Tapi terjadi penolakan.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kemudian mengajukan kader terbaiknya di Jabar, yakni Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum. PKB memunculkan Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda dan Sekretaris Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurizal.

Ditengah kebimbangannya Emil akhirnya memutuskan melakukan konvensi. Rupanya ide pemilihan wakil dengan cara seperti itu ditolak oleh sebagian partai pendukungnya.

Merespon keadaan yang demikian, disisi lain pendaftaran calon di Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak lama lagi, para petinggi koalisi pendukung Emil menggelar pertemuan khusus pada Sabtu 6 Januari. Ketua Umum PPP Romahurmuziy dan Ketua Umum  Hanura Oesman Sapta Odang hadir. PKB diwakili Ketua Desk Pilkada DPP PKB Daniel Johan, dan NasDem diwakili Ketua Bappilu yang juga Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita.

Hasilnya, seluruh partai tersebut sepakat. Surat rekomendasi untuk Emil-Uu akan dikeluarkan dan diumumkan pada Minggu (7/1).

Emil bersama Uu ke Jakarta mengambil surat rekomendasi. Pertama mendatangi Hanura, lalu PPP, lanjut NasDem, terakhir PKB. Sempat di PKB tertunda karena petingginya berhalangan. Rekomendasi PKB baru diterima pasangan 'Rindu' (Ridwan-Uu) pada Senin (8/1) di kantor DPW PKB, Jalan Haruman, Kota Bandung.

Ketua Umum PPP M. Romahurmuziy mengatakan, keputusan itu diambil setelah empat partai koalisi menyepakati dalam pertemuan Sabtu (6/1) sore. Emil kata Ketum Romahurmuziy, mengambil keputusan sendiri menunjuk Uu sebagai bakal Calon Wakil Gubernur pendampingnya.

"Kita serahkan kepada Kang Emil memilih siapa yang mendampingi beliau sehingga masing-masing DPP bertanya, Kang Emil mempertegas bahwa saya memilih Uu sebagai calon wakil," ujar Romahurmuziy di kantor DPP PPP, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (7/1).

Ridwan kamil mengatakan optimis menang dengan menggandeng Uu, karena saling melengkapi dan sama-sama punya basis.

"Insya Allah menang. Kami sama-sama punya pengalaman, saya di perkotaan, Kang Uu di pedesaan. Jadi ini kolaborasi yang baik sehingga mudah-mudahan bersinergi, dengan baik," ujar  Emil.

Diketahui, Selasa pagi (9/1) pasangan 'Rindu' (Ridwan-Uu) sudah mendaftarkan diri ke KPU sebagai pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. (Ay)