Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Daftarkan Bacaleg, PPP Penuhi Dapil di Lima Kecamatan se-Banjarmasin

12 Juli 2018 - 15:22:52 | 319

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Dewan Pengurus Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) kota Banjarmasin mendaftarkan bakal Calon legislatif (Caleg) ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Rabu (11/7/2018). Dalam pendaftaran ini, jajaran DPC PPP Banjarmasin menumpang dua unit bajaj kelir hijau yang berangkat dari Sekretaris DPC Kota Banjarmasin, menuju Sekretariat KPU Kota Banjarmasin.

Ketua DPC PPP Kota Banjarmasin, Arufah mengatakan, DPP PPP menargetkan Caleg PPP mesti masuk tiga besar atau meraih 10 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin.

Menurut dia, proses pendaftaran tahapan Caleg tahun 2018 berbeda ketimbang Pemilu 2014, pasalnya Pemilu 2019 memakai Sistem Informasi Online (Silon).

Lebih lanjut Arufah menilai, Silon justru lebih memudahkan, meski baru pertama kali memanfaatkan sistem tersebut. Arufah mengaku kesulitan menerapkan Silon karena terkendala jaringan internet dan server error. Untuk itu, pihaknya perlu waktu lama dan harus menunggu sekitar 30 menit.

"Tapi kalau gangguan, maka kami akan menggunakan sistem manual," ujar Arufah, Rabu (11/7/2018).

PPP Kota Banjarmasin baru mendaftarkan Caleg ke KPU karena harus menunggu rekomendasi dan Surat Keputusan dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPP Kalimantan Selatan. Menurut Arufah, surat itu baru keluar pada Selasa malam (10/7).

Arufah mengatakan, 90 persen Caleg yang mendaftar lewat PPP merupakan kader internal dan sisanya dari eksternal partai. “Semua Daerah pemilihan (Dapil), 100 persen sudah terpenuhi di lima kecamatan se-kota Banjarmasin,” paparnya.

Ia sempat mengklaim, keterwakilan perempuan melebihi aturan dari Komisi Pemilihan Umum, yaitu ada 40 persen dari 45 Caleg yang tersebar pada lima kecamatan di kota Banjarmasin.

"Bahkan kami lebih banyak daripada yang ditentukan oleh KPU," ujar Arufah.

Sementara itu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarmasin, Khairunnizam mengatakan, PPP telah memenuhi 100 persen untuk jumlah bacaleg semua Dapil pada lima kecamatan se-kota Banjarmasin. KPU, lanjutnya, akan memverifikasi ulang terhadap data yang sudah diserahkan oleh DPC PPP Kota Banjarmasin.

Proses verifikasi sendiri baru akan dimulai tanggal 18 Juli 2018, dan pengumuman kepada partai politik bersangkutan apakah data tersebut diperbaiki atau tidak, pada 19-21 Juli 2018. (El)