Kemenag Akan Libatkan TNI Dalam Kerukunan Beragama, Ini Kata Politisi PPP

Rabu 8 Juli 2020

  • BAGIKAN

Anggota Komisi I DPR Fraksi PPP Muhammad Iqbal (Foto : Muhammad Zulfikar/Tribunnews.com)

PPP - Anggota Komisi I DPR Fraksi PPP, Muhammad Iqbal mengaku tak setuju jika TNI dilibatkan dalam program peningkatan kerukunan umat beragama.

Pasalnya, kata Iqbal tugas TNI adalah menjaga keamanan dan keutuhan negara serta menjalankan operasi militer bukan ikut masuk dalam program keagaman.

Politikus PPP ini menilai, jika Kemenag ingin menjalankan programnya itu hendaknya bukan bersama TNI melainkan para tokoh agama diyakini bisa memberikan pemahaman serta ide yang bagus sesuai dengan program dari Kemenag itu.

“Saya berpendapat kurang tepat, karena tugas TNI sesuai regulasi yaitu menjaga keamanan dan keutuhan negara dan melakukan operasi militer dan non militer. Oleh karena itu jika ada rencana dari Kemenag untuk meningkatkan kerukunan umat beragam yang tepat adalah menggandeng tokoh agama dan tokoh masyarakat di dalam memberikan pemahaman kerukunan beragama kepada masyarakat,” tegas Iqbal, Rabu (8/7/2020).

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi menjelaskan pihaknya bukan melibatkan TNI, tetapi hanya mencari informasi untuk program keagamaan di Papua.

“Itu dimulainya, memang kami niatkan banyak memperhatikan masalah pembinaan rumah ibadah dan sekolah-sekolah ibadah di Papua. Untuk itu, kami mengundang teman-teman polisi dan tentara yang tugas di sana untuk melihat apa-apa yang perlu diwaspadai. Pertama, kami undang teman polisi, kemudian kami undang teman dari TNI. Kebetulan orang itu memang baru saja selesai tugas di Papua, sekarang dia Waaster,” jelas Fachrul.

Sumber : Pontas.id

  • BAGIKAN

Berita Lainnya

Edit Profil Sign Out

KARTU TANDA ANGGOTA

PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

No. KTA

3171.01.27061979.01.001

Nama

Arya Permana Graha

NIK

This is dummy copy

Jabatan Struktural

Jabatan Non Struktural

Tempat Lahir

Bukit Tinggi, Sumatera Barat

Tanggal Lahir

20 Januari 1965