PPP Minta Menteri Nadiem Stop Kegaduhan Program Organisasi Penggerak

Senin 27 Juli 2020

  • BAGIKAN

Wakil Ketua Umum PPP Arwani Thomafi (Foto : Istimewa)

PPP - Kinerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim disorot terkait kisruh Program Organisasi Penggerak (POP). PPP meminta Nadiem untuk memperbaiki rumusan dari program tersebut.

"Menteri Pendidikan dan Kebudayaan harus mengoreksi total dalam perumusan program POP ini," kata Waketum PPP Arwani Thomafi, Sabtu (25/7/2020).

Arwani menilai program yang hakikatnya kolaborasi antara negara dan masyarakat untuk mendukung pendidikan di Indonesia itu bagus. Namun, kata dia, program bagus saja tak cukup.

"Program yang bagus mesti dilakukan dengan cara yang baik yakni transparan, akuntabel dan melibatkan publik. Kegaduhan dan polemik yang muncul belakangan ini karena mengabaikan hal yang fundamental tersebut yakni transparansi, akuntabel dan pelibatan publik," katanya.

Menurut Arwani, program Kemendikbud tidak boleh menabrak logika publik yakni korporasi besar justru dibantu oleh negara. Padahal, kata dia, harusnya korporasi besar mestinya turut membantu negara dalam penguatan program-program masyarakat seperti melalui skema CSR.

"Hentikan kegaduhan dengan melakukan koreksi total. Ajak duduk bersama seluruh stakeholder masyarakat sipil di bidang pendidikan," katanya.

Seperti diketahui, PBNU dan Muhammadiyah menyatakan diri keluar dari Program Organisasi Penggerak Kemendikbud. Penyebabnya adalah terkait dengan kriteria pemilihan yang tidak membedakan antara lembaga CSR dan ormas.

Selain Muhammadiyah, Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif PBNU juga menyatakan diri keluar dari Program Organisasi Penggerak Kementerian Pendidikan (Kemendikbud). LP Ma'arif PBNU menilai hasil seleksi calon organisasi penggerak tidak mencerminkan konsep dan kriteria organisasi penggerak yang jelas.

Sumber : detik.com

  • BAGIKAN

Berita Lainnya

Edit Profil Sign Out

KARTU TANDA ANGGOTA

PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

No. KTA

3171.01.27061979.01.001

Nama

Arya Permana Graha

NIK

This is dummy copy

Jabatan Struktural

Jabatan Non Struktural

Tempat Lahir

Bukit Tinggi, Sumatera Barat

Tanggal Lahir

20 Januari 1965