Tingkatkan Ekspor, DPR Dorong Mendag Bentuk Pakta Kerjasama Dagang dengan Timur Tengah

Senin 27 Juli 2020

  • BAGIKAN

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Elly Rachmat Yasin (Foto : Istimewa)

PPP - Komisi VI DPR RI akan mendorong Menteri Perdagangan agar segera membentuk pakta kerjasama perdagangan dengan negara-negara di Timur Tengah. Hal itu disampaikan anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Elly Rachmat Yasin.

“Pakta perdagangan tersebut merupakan kunci masuk bagi ekspor RI kepada negara-negara Arab melalui kerjasama kawasan teluk (Gulf Cooporation Council/GCC). Yang terdiri dari Arab Saudi, Bahrain, Kwait, Oman, Qatar, dan Uni Emirat Arab,” ujar Elly di Jakarta, Senin (27/7/2020).

Menurutnya, pasar ekspor Indonesia ke negara-negara Timur Tengah selama ini masih kecil, yakni 5 persen yang ekspor langsung. Namun jika diakumulasikan dengan ekspor melalui Singapura dan Malayasia bisa sampai 10 persen.

“Kami prihatin bahwa pasar Timur Tengah yang semula menyukai produk makanan dan minuman asal Indonesia kini bergeser ke produk Malaysia dan Thailand,” terangnya.

Anggota DPR RI Dapil Kabupaten Bogor ini menyebut peluang komoditas yang bisa diekspor ke Timur Tengah. Di antaranya, kendaraan bermotor, emas, CPO sawit dan kertas yang selama ini sudah berjalan. Juga peluang besar untuk ekspor furnitur dan bahan bangunan kayu, serta komoditas lainnya.

Ia juga berharap Indonesia bisa menangkap kondisi perekonomian Timur Tengah saat ini sebagai peluang. Kawasan tersebut sangat potensial untuk produk manufaktur, selain pasarnya yang besar.

“Ketika raja-raja minyak kini mulai berpikir diversifikasi ekonomi ke sektor nonmigas. RI harus siap dengan kekayaan nonmigasnya,” pungkasnya.

Diketahui, negara-negara kaya minyak Timur Tengah kini masih merasakan dampak pandemi. Harga minyak global sebelum pandemi pernah menembus pada kisaran 157 dollar AS per barel. Sejak pandemi melanda dunia harganya terus menurun menjadi 67 dollar AS per barel. Bahkan pada April 2020 lalu sempat menyentuh harga 16 dollar AS. Di samping harga minyak yang masih lemah, penggunaan minyak dunia pun turun drastis. 

Sumber : kanalberita.co

  • BAGIKAN

Berita Lainnya

Edit Profil Sign Out

KARTU TANDA ANGGOTA

PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

No. KTA

3171.01.27061979.01.001

Nama

Arya Permana Graha

NIK

This is dummy copy

Jabatan Struktural

Jabatan Non Struktural

Tempat Lahir

Bukit Tinggi, Sumatera Barat

Tanggal Lahir

20 Januari 1965