PPP Usulkan Guru Swasta Dapat BLT, Begini Alasannya!

Sabtu 15 Agustus 2020

  • BAGIKAN

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PPP Illiza Sa’adudin Djamal menyayangkan Program Organisasi Penggerak (POP) ramai diperbincangkan masyarakat beberapa hari terakhir ini hingga menyebabkan kontroversi di tengah-tengah masyarakat. (Dok. PPP)

JAKARTA - Pemerintah diminta memperhatikan guru swasta agar bisa mendapatkan bantuan langsung tunai.

Illiza Sa’aduddin Djamal, Anggota Komisi X DPR mengatakan bahwa rencana Pemerintah yang akan memberi subsidi Rp600.000 perbulan kepada karyawan swasta yang bergaji di bawah Rp5 juta merupakan kebijakan yang baik.

“Namun sayang guru swasta luput dari sasaran kebijakan tersebut. Padahal seharusnya guru swastalah yang harus menjadi sasaran utama dari kebijakan ini mengingat sebagian besar guru swasta mempunyai gaji jauh di bawah Rp5 juta,” ujar mantan Walikota Banda Aceh itu, Sabtu (15/8/2020).

Bahkan, tuturnya, menurut banyak laporan, termasuk dari Pengurus Besar Guru Inpassing Nasional (PB PGIN), tidak sedikit guru swasta yang hanya memiliki honor Rp300.000 perbulan dan mereka tidak termasuk dalam kategori pekerja yang akan disubsidi Pemerintah. Lantaran hal itu, dia meminta Pemerintah memasukkan guru swasta pada kategori penerima subsidi sebagaimana yang diberikan kepada pekerja dan karyawan swasta.

“Saya yakin pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama mempunyai data lengkap tentang honor guru yang sangat kecil tersebut,” ucapnya.

Dengan data itu, lanjutnya, bisa memudahkan Pemerintah untuk menyalurkan subsidi yang diberikan selama Pademi Covid-19 dan bertujuan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

Menurutnya, guru seharusnya selalu menjadi perhatian utama dalam setiap kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat, karena terbukti banyak guru masih hidup dengan gaji seadanya. Padahal peran guru sangat besar untuk kemajuan Indonesia.

“Karena itu, kami mengharapkan pada momen kemerdekaan RI ke-75 ini, Indonesia bisa meningkatkan kesejahteraan guru untuk peningkatan SDM Indonesia yang lebih unggul,” ujarnya. (*)

  • BAGIKAN

Berita Lainnya

Edit Profil Sign Out

KARTU TANDA ANGGOTA

PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

No. KTA

3171.01.27061979.01.001

Nama

Arya Permana Graha

NIK

This is dummy copy

Jabatan Struktural

Jabatan Non Struktural

Tempat Lahir

Bukit Tinggi, Sumatera Barat

Tanggal Lahir

20 Januari 1965