Terkait Usul Minangkabau Jadi Nama Provinsi , PPP: Suku Tak Harus Jadi Nama Provinsi

Kamis 24 September 2020

  • BAGIKAN

Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Muhammad Arwani Thomafi (Foto : Istimewa)

PPP - Wakil Ketua Umum PPP Arwani Thomafi menanggapi usulan Fadli Zon soal penggantian nama Provinsi Sumatera Barat menjadi Minangkabau. Arwani mengatakan keberagaman suku di setiap daerah tidak harus menjadi label ataupun nama suatu provinsi.

"Kita punya keragaman kebinekaan dan itu kita bangga dengan kekayaan suku bangsa kita tetapi itu tidak harus selalu menjadi label, penamaan untuk wilayah administratif kita, penamaan untuk provinsi, penamaan untuk kabupaten kota. Tidak harus seperti itu," kata Arwani, Kamis (24/9/2020).

Arwani menjelaskan penamaan yang ada saat ini sudah cukup untuk mencerminkan keberagaman yang ada di Indonesia. Menurutnya, tidak harus menggunakan nama suku sebagai nama provinsi.

"Apa yang sudah ada sekarang ini, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dengan melihat geografis letak pulau sebenarnya sudah cukup memberikan satu pemahaman ya bahwa kita punya kekayaan, keragaman," ujar Wakil Ketua Komisi II DPR ini.

"Tanpa harus menyebut provinsi ini sukunya apa. Misalnya provinsi Jawa Madura. Jawa Mataram atau Jawa Yogyakarta, nggak seperti itu, Jawa Solo, atau Jawa Sunda. Itu tidak harus seperti itu. Jadi ada Jawa Barat, Jawa Tengah, ada Kalimantan Barat, Selatan. Sulawesi Selatan, Sumbar," imbuhnya. Menurut Arwani, hal terpenting yang harus dilakukan saat ini adalah memaksimalkan potensi dari setiap daerah. Khususnya, terkait bagaimana pemerintah bisa meningkatkan kualitas pelayanan serta kesejahteraan rakyat.

"Saya kira yang perlu diutamakan saat ini adalah bagaimana kita dapat memaksimalkan potensi daerah melalui pemerintahan provinsi, melalui pemerintahan kabupaten kota, itu bersama-sama meningkatkan pelayanan publik, meningkatkan kualitas pelayanan publik, meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat, dan memanfaatkan sumber daya alam untuk masyarakat kita," tuturnya.

Sumber :detik.com .

 

 

  • BAGIKAN

Berita Lainnya

Edit Profil Sign Out

KARTU TANDA ANGGOTA

PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

No. KTA

3171.01.27061979.01.001

Nama

Arya Permana Graha

NIK

This is dummy copy

Jabatan Struktural

Jabatan Non Struktural

Tempat Lahir

Bukit Tinggi, Sumatera Barat

Tanggal Lahir

20 Januari 1965