Anggota Komisi VII DPR RI Serahkan Benih Hasil Litbang Batan untuk Kelompok Penangkar

Minggu 25 Oktober 2020

  • BAGIKAN

Anggota Komisi VII DPR-RI Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Drs H. Anwar Idris menyerahkan benih padi lebel kuning (BS) varietas Inpari Mugibat yang dikembangkan Litbang Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) (Foto: Kabarbireuen)

Bireuen - Anggota Komisi VII DPR-RI Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Drs H. Anwar Idris menyerahkan benih padi lebel kuning (BS) varietas Inpari Mugibat yang dikembangkan Litbang Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan)

Penyerahan benih program Promosi Aspirasi Hasil Litbang Batan Bidang Pertanian kepada kelompok penangkar benih berlangsung di Meunasah Gampong (Desa) Cot Keumude, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Aceh, Sabtu (24/10/2020)


Hadir pada acara tersebut, Kepala Biro Perencanaan Batan, Ir Ferly Hermana, Bupati Bireuen yang diwakili oleh Camat Jangka, Alfian SSos. Anggota DPR Aceh, Dr H. Amiruddin Idris SE MSi, Anggota DPRK Bireuen, Dr Athaillah Saleh MA. Kemudian Camat Peusangan, Ibrahim SSos, Danramil Peusangan diwakili Serma Fakhrudin.

Sejumlah Imum Mukim dan keuchik (kepala desa) dalam Kecamatan Peusangan juga tampak hadir. Selanjutnya dua orang mitra Batan di Kabupaten Bireuen, Andali Afan atau biasa disapa Abu Andali dan Waliyul Hidayah serta lima pengurus kelompok tani penangkar benih.

Anggota Komisi VII DPR-RI, Drs H. Anwar Idris pada kesempatan itu mengatakan, kesejahteraan petani menjadi prioritas pemerintah melalui perkembangan teknologi.

“Penelitian dan uji coba teknologi itu perlu, untuk mendapatkan suatu hasil yang lebih baik,” sebut Anwar Idris.

Politikus senior partai berlambang ka’bah ini meminta Batan agar semua penangkar benih di Kabupaten Bireuen diberikan benih unggul tersebut untuk dikembangkan lagi.

Sebut Anwar Idris, dari 55 Anggota Komisi VII DPR-RI hanya delapan orang yang mendapatkan kesempatan membawa program promosi hasil Litbang Batan ke dapil masing-masing.

“Salah satu dari delapan orang adalah saya. Ini kita patut berbangga dan bersyukur,” tambah Anggota DPR Aceh periode 2009-2014 ini.

Politikus yang juga Ketua Pembina Yayasan Almuslim Peusangan ini berjanji akan terus mengupayakan program program di Kementerian yang bisa dibawa ke Aceh dan bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.

Terakhir Anwar Idris mengharapkan mitra Batan di Bireuen, Andali Afan dan Waliyul Hidayah terus mendampingi petani dalam mentransfer teknologi.

“Abu Andali dan Wali jangan bosan bosan dampingi petani untuk bagi ilmunya. Dan sampaikan kepada saya apa yang dibutuhkan oleh petani di Bireuen,” harapnya.

Pada kesempatan sama, Kepala Biro Perencanaan Batan, Ir Ferly Hermana menyampaikan apresiasi kepada Anwar Idris yang telah mengundangnya ke Kabupaten Bireuen.

Menurut Ferly Hermana, perjuangan Anwar Idris untuk masyarakat Aceh sangat besar. “Beliau (Anwar Idris) selalu meminta Batan membawa program program yang bermanfaat untuk masyarakat Aceh. Makanya hari ini kami sampai di Kabupaten Bireuen,” ujarnya.

Ferly juga menyebutkan, bahwa Batan telah mengembangkan 27 varietas benih unggul menggunakan tekhnik radiasi yang disebarkan di negara ini.

“Manfaat nuklir banyak, termasuk untuk bidang pertanian. Dan Bapak Anwar Idris meminta kami memperkenalkan teknologi nuklir bidang pertanian kepada masyarakat Aceh,” jelasnya.

Ferly mengatakan, perkawinan benih menggunakan tekhnologi radiasi tidak berbahaya. “Yang berbahaya itu menggunakan bahan kimia,” pungkasnya.

Keuchik Gampong (Kepala Desa) Cot Keumude, Fadlil Syamaun juga menyampaikan terima kasih kepada Drs H. Anwar Idris atas kepeduliannya kepada masyarakat.

“Semoga ke depan Bapak Anwar Idris lebih banyak lagi memperjuangkan aspirasi masyarakat Aceh di Jakarta,” kata Keuchik Fadlil Syamaun.

Sumber: kabarbireuen

  • BAGIKAN

Berita Lainnya

Edit Profil Sign Out

KARTU TANDA ANGGOTA

PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

No. KTA

3171.01.27061979.01.001

Nama

Arya Permana Graha

NIK

This is dummy copy

Jabatan Struktural

Jabatan Non Struktural

Tempat Lahir

Bukit Tinggi, Sumatera Barat

Tanggal Lahir

20 Januari 1965