PPP Minta Polri-TNI Tegas Terhadap Kelompok Makar di Merauke

Sabtu 21 November 2020

  • BAGIKAN

Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Syaifullah Tamliha

Merauke - Polres Merauke mengamankan puluhan orang atas dugaan makar dalam kegiatan rapat dengar pendapat yang digelar Majelis Rakyat Papua (MRP). Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PPP Syaifullah Tamliha meminta TNI dan Polri bertindak tegas terhadap siapa saja yang berniat makar.

"Polri dan TNI harus berani bersikap tegas bagi kelompok masyarakat yang ingin makar terhadap NKRI. Tindakan separatis tersebut tidak bisa ditolerir, sebab berpotensi menjadi momok bagi tegaknya NKRI yang selalu kita dengungkan sebagai harga mati," ujar Tamliha kepada wartawan, Jumat (20/11/2020).

Dengan begitu, aparat penegak hukum dapat mempertahankan keutuhan negara dengan melibatkan seluruh rakyat. Ia berharap adanya tindakan nyata lainnya dari jajaran TNI dan Polri untuk menumpas pihak-pihak yang berencana menggaungkan makar.

"Kita juga mengharapkan tindakan nyata dari jajaran TNI dan Polri agar pertahanan dan keamanan di Papua dapat tercipta agar masyarakat di Papua merasa aman dan tentram," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, setidaknya ada 54 orang yang diamankan di tiga lokasi berbeda, yakni Hotel Grand Mandala, Hotel Valentine, dan Hotel Kelapa Lima. Polisi menangkap ada indikasi makar karena ada buku tentang pedoman dasar Negara Republik Federal Papua Barat yang ditemukan.

"Kita temukan buku kuning yang mengajarkan sekelompok orang untuk merdeka atau referendum. Di situ ada presidennya, ada letnan jenderalnya, ada mayor jenderalnya, ada brigjen dari Papua Barat di dalam buku itu. Ini kan makar," kata Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji saat dihubungi, Jumat (20/11/2020).

Dia mengatakan awalnya petugas ingin memastikan kegiatan RDP tersebut digelar dengan mematuhi ketentuan yang tertuang dalam Maklumat Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw. Untung mengatakan Maklumat Kapolda Papua telah disampaikan dan dipasang sebelum digelarnya acara RDP pada 17-18 November tersebut.

Peserta RDP pun dilakukan pemeriksaan awal di lokasi. Setelah itu para peserta makar diperiksa lebih lanjut di Polres Merauke. Untung mengatakan sejumlah orang sempat diborgol atas alasan keamanan karena di lokasi acara ditemukan benda tajam. (*)

Sumber: detik

  • BAGIKAN

Berita Lainnya

Edit Profil Sign Out

KARTU TANDA ANGGOTA

PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

No. KTA

3171.01.27061979.01.001

Nama

Arya Permana Graha

NIK

This is dummy copy

Jabatan Struktural

Jabatan Non Struktural

Tempat Lahir

Bukit Tinggi, Sumatera Barat

Tanggal Lahir

20 Januari 1965