Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Dr. H. Hamzah Haz: Cerita Menjelang Meninggalnya Istri

12 September 2017 - 17:43:19 | 475

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Mantan Wakil Presiden era Presiden Megawati Soekarnoputri, Dr. H. Hamzah Haz tidak menyangka bahwa malam kemarin, adalah terakhir kalinya ia bercanda dan bersenda gurau bersama sang istri, Asmaniah atau yang biasa disapa Nani.

Hj. Asmaniah menemani Dr. H. Hamzah Haz ketika menjadi Wakil Presiden mendampingi Presiden Megawati Soekarnoputeri pada 26 Juli 2001-20 Oktober 2004. Hamzah Haz juga pernah menjabat Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan Pengentasan Kemiskinan pada 1999 serta Menteri Negara Investasi Indonesia tahun 1998-1999. Selain itu, Hamzah Haz adalah Ketua Umum PPP periode 1998-2007.

Mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu awalnya tidak mendapat firasat apa-apa berkenaan dengan meninggalnya istrinya.

"Kemarin pagi masih di sini bersama anak. Masih bercanda, hingga jelang maghrib saya turun juga masih bercanda," papar Hamzah Haz di kediamannya di Jalan Patra Kuningan, Jakarta, Selasa.

Pukul 03.00 dini hari, Hamzah Haz bangun dan melaksanakan shalat tahajud. Saat itu, menurut Hamzah Haz, istrinya masih dalam keadaan tidur.

Namun, seusai shalat, Hamzah Haz tidak mendengar lagi suara mendengkur istrinya. Hamzah Haz kemudian meminta anak-anaknya untuk memeriksa kondisi istrinya.

"Saya tidak tahu persis kapan meninggalnya, karena dalam keadaan tidur. Kemudian anak-anak yang jaga ini memberi tahu saya, ini Ibu sudah dingin," ungkap Hamzah Haz.

Jenazah Hj. Asmaniah rencananya akan dibawa ke kediaman di daerah Tanah Sereal, Kota Bogor, untuk dishalatkan yang kedua kalinya. Jenazah terlebih dahulu akan dishalatkan di rumah duka, Jalan Patra Kuningan XV Nomor 8, Jakarta Selatan.

Selanjutnya Jenazah akan dibawa ke Yayasan Al Ikhlas, Jalan Jogjogan, Kecamatan Cisarua Bogor, untuk dikebumikan di pemakaman keluarga setelah waktu shalat Dzuhur. (oky)