Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Fraksi PPP Dorong Pemerintah Tambah Alokasi Dana Riset

14 Maret 2018 - 17:37:21 | 111

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPR RI mendorong Pemerintah untuk menambah alokasi dana riset yang masih sangat minim, yakni dari 0.08% Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) menjadi setidaknya 2%. Penambahan anggaran tersebut untuk meningkatkan daya saing Indonesia dalam ilmu pengetahuan Indonesia dan tehnologi.

"PPP akan berjuang seluruh poin itu dalam Pansus (Panitia khusus)," kata Ketua Umum PPP, M. Romahurmuziy.

Ketum Rommy juga menyampaikan, bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) saat ini memegang peranan yang sangat penting untuk membuat lompatan ekonomi.

Sebelumnya Fraksi PPP telah melakukan pertemuan dengan para peneliti dan profesor dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Dalam pertemuan di Ruang Rapat Fraksi PPP DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/3/2018) itu, sejumlah peneliti dan profesor tersebut menyampaikan aspirasinya.

Dalam pertemuan tersebut, PPP sepakat agar seluruh lembaga penelitian dan pengembangan (Litbang) di Indonesia berada di bawah satu payung.

PPP juga sepakat agar diberikan kemudahan dan insentif menambah sumber daya manusia (SDM) peneliti karena rasio terlalu rendah, hanya 24 peneliti per 1 juta penduduk. (Af)