Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Fraksi PPP Dorong Semen Indonesia Menjadi Tuan di Negeri Sendiri

23 Mei 2018 - 21:20:22 | 356

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Maraknya persaingan antar produsen semen di dalam negeri membuat Anggota Komisi VI DPR- RI yang membidangi BUMN, H. Iskandar D. Syaichu, SE, mendorong PT. Semen Indonesia segera berbenah agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Pimpinan Fraksi PPP DPR-RI tersebut membeberkan data Asosiasi Semen Indonesia (ASI) bahwa total penjualan semen secara nasional sepanjang Januari-Oktober 2017 hanya 54,19 juta ton dari kebutuhan semen domestik yang lebih dari 70 juta ton per tahun. Produksi semen kita masih belum seimbang dengan kebutuhan. Inilah peluang bagi produsen semen asing masuk kepasar domestik.

Kepada awak media ppp.or.id., Gus Is (Sapaan akrab Iskandar D. Syaichu) menyayangkan kondisi industri Semen Indonesia yang masih belum pulih.

“Kinerja PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) masih tertekan dengan rapor merah di kuartal III-2017. Periode Juli-September lalu, laba bersih SMGR hanya sebesar Rp 367 miliar, anjlok 62% daripada periode yang sama di 2016. Laba bersih dalam sembilan bulan pertama 2017 terjun bebas hanya Rp 1,46 triliun, yang tahun sebelumnya Rp. 4,5 triliun”, tuturnya, Selasa (22/5/2018).

Gus Is juga menyempatkan diri melakukan kunjungan lapangan ke daerah pemilihannya yaitu Kab. Lamongan dan Gresik Jawa Timur. Menurutnya, toko-toko bahan bangunan di Lamongan dan Gresik juga mengakui persaingan produk semen ini.

“Sejak tahun 2015 mereka tidak hanya menjual Semen Gresik dan Holcim. Ada juga semen Merah Putih, Semen Garuda, Semen Jawa (Siam Cement Group), Semen Puger dan raksasa dari China yaitu Anhui Conch (Conch Cement Indonesia) yang harganya lebih murah. Semen Bima harganya hanya Rp 40.000 untuk kemasan 40 kg”, cerita Gus Is.

“Ada duapuluhan pemain semen yang masuk ke pasar kita. Boleh dibilang kekuatan finansial masing-masing perusahaan swasta tersebut sangat besar daripada keuangan Semen Padang,Semen Gresik, Semen Tonasa. Pemain baru ini juga menyerang pasar pulau Jawa dan pabrik-pabriknya sebagian besar juga di Jawa dan terintegrasi”, sambungnya.

Oleh karena itu, kami mendukung penguatan BUMN produsen semen agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Fraksi PPP Dorong Semen Indonesia menjadi tuan di negeri sendiri. (Oky)