Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Fraksi PPP DPR Dorong BPJS Perhatikan Pasien Katastropik

08 Januari 2018 - 21:22:38 | 250

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPR RI mendorong Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) untuk lebih memperhatikan skema kompensasi berupa insentif untuk menjamin hak-hak peserta yang berkeadilan.

“Skema kompensasi berupa insentif itu merupakan solusi dari keterbatasan jaminan oleh BPJS Kesehatan dalam mengobati sejumlah penyakit katastropik, yang tidak dijaminkan lagi,” ujar Anggota Komisi IX DPR Fraksi PPP Okky Asokawati, di Jakarta, Senin (8/1/2018).

Menurut Okky, penderita penyakit katastropik yang tersebar merata di seluruh Tanah Air memunculkan rasa ketidakadilan bagi masyarakat daerah lantaran fasilitas kesehatan yang mampu mengobati penyakit katastropik masih terbatas di kota-kota besar.

“Padahal, sifat pembiayaan program JKN-KIS terhadap penyakit katastropik tidak terbatas, dan berpotensi menimbulkan ketidakadilan, terutama pada peserta yang tinggal di daerah yang tak punya fasilitas kesehatan lengkap dan memadai,” jelas Sikandi PPP itu.

Okky menambahkan, BPJS Kesehatan hanya menjamin biaya perawatan rumahsakit sedangkan transportasi dan akomodasi menjadi beban pasien atau keluarganya sendiri.

“Untuk itulah BPJS Kesehatan penting memikirkan skema insentif sebagai kompensasi ketiadaan RS yang mampu melayani penyakit katastropik di daerah-daerah.” tuntas Okky Asokawati. (Ay)