Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Fraksi PPP Himbau Masyarakat Manfaatkan Kelola IPAL

08 Mei 2018 - 21:27:58 | 160

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Joko Purwanto terus gencar melakukan sosialisasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) ke berbagai daerah. Hal itu dilalukan untuk mendukung agar masyarakat memanfaatkannya secara maksimal nantinya.

Salah satunya sosialisasi IPAL limbah yang dilakukan yaotu ke Desa Sukataris, Kecamatan Karangtengah, Selasa (08/05/2018).

“IPAL ini merupakan hal yang sangat mendasar dan penting dalam suatu proses produksi. Karena IPAL ini merupakan upaya penurunan beban pencemaran air dari usaha kegiatan usaha kecil, menengah, hingga uasaha dalam skala besar,” ujar beliau.

Selain itu, pihaknya juga menjelaskan, manfaat IPAL tersebut bisa mengolah air limbah domestik maupun industri. Sehingga, aliran air sungai yang dialiri tidak tercemar dan tidak menimbulkan beragam penyakit.

Dengan pengelolaan IPAL yang baik, pihaknya mengharapkan biota-biota yang ada di sungai tidak mati atau tercemari.

“Tak hanya itu, dengan pengelolaan IPAL yang baik bisa ada biogas yang bisa dimanfaatkan oleh rumah tangga disekitar IPAL berada,” jelas beliau.

Dengan begitu, melihat betapa pentingnya peranan IPAL tersebut, pihaknya kini akan membangun satu lokasi IPAL limbah tahu di Desa Sukataris, Kecamatan Karangtengah. Dan dua lokasi IPAL lainnya, yakni limbah tahu di Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi dan membangun satu lokasi IPAL limbah kotoran sapi di Desa Sukajadi, Kecamatan Cibinong.

“Ini tentunya tak lepas dari peran serta Dirjen Pengendalian, Pencemaran, dan Kerusakan Lingkungan Direktorat Pencemaran Air  dari Kementerian Lingkungan Hidup RI, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, serta pemerintah desa dan masyarakat penerima bantuan,” imbuh beliau.

Senada dengan itu, Joko Purwanto pun mengharapkan, dengan pembangunan IPAL di masing-masing wilayah tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat. Sehingga bisa hidup bersih dan sehat, terhindar dari dampak negatif limbah.

“Saya harapkan jika sudah dibangun IPAL tersebut bisa dijaga dan dimanfaatkan sesuai fungsinya,” pungkas beliau. (Ch)