Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Fraksi PPP Minta Pemda Buat Peta Pipa Bawah Laut di Balikpapan

10 April 2018 - 22:21:02 | 88

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Partai Persatuan Pembanguna (PPP) Joko Purwanto menanggapi, terkait dengan banyaknya pipa di bawah laut yang tidak diimbangi dengan informasi jelas tentang dimana saja pipa-pipa tersebut ditanam. Sehingga, dapat membahayakan bila ada kapal yang membuang jangkarnya tanpa mengetahui keberadaan pipa di lokasi tersebut.

Sementara itu, potensi kebocoran pipa minyak di Teluk Balikpapan sebenarnya sudah banyak disadari oleh sejumlah pihak sejak lama. Hal ini, terkait dengan adanya pipa-pipa dari berbagai perusahaan yang melakukan produksi di Balikpapan dan sekitarnya.

“Pada prinsipnya saat ini biarkan pihak yang berwajib bertugas menyelidiki dimana kesalahan dari kebocoran minyak itu yang disebut berada dari pipa distribusi milik Pertamina,” ungkap beliau.

Saat ini, menurut beliau, yang perlu dilakukan adalah dibuatnya peta yang jelas tentang lokasi pipa di Teluk Balikpapan.

Beliau juga yakin, bila pemerintah daerah punya data tentang letak perpipaan itu. Karena, saat akan membuat jalur pipa pasti perusahaan telah mengajukan perizinan ke pemerintah setempat, baik dalam bentuk Amdal dan lainnya.

“Pihak perusahaan juga pasti mempunyai data tentang letak pipa-pipa bawah laut mereka. Karena mereka juga pasti melakukan perawatan pipa-pipa miliknya itu guna memastikan distribusi minyak,” imbuh beliau.

Senada dengan hal itu, beliau kembali menegaskan, bahwa peta itu nantinya juga harus bisa diakses oleh pemilik kapal atau pengelola pelabuhan. Sehingga, jalur kapal dan tempat berlabuh serta penempatan jangkar tidak sampai bersinggungan dengan pipa-pipa yang sudah ada.

Seperti diketahui, lebih dari seminggu yang lalu, Teluk Balikpapan dipenuhi dengan minyak yang mengganggu ekosistem dan lingkungan. Tumpahan minyak tersebut membuat banyak nelayan tidak bisa mencari nafkah. (Ch)