Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Fraksi PPP Optimis RUU Terorisme Selesai Sebelum Lebaran

25 Mei 2018 - 14:30:52 | 64

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Anggota Pansus RUU Terorisme dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani mengungkapkan, pihaknya mengaku optimis bahwa Rancangan Undang-Undang Terorisme akan rampung sebelum lebaran. Beliau menjelaskan, masalah definisi terorisme telah mengerucut ke dalam dua alternatif.

“Memasukkan frasa adanya motif kepentingan politik, ideologi, atau ancaman terhadap keamanan negara. Dan kedua, tidak memasukkan frasa-frasa tersebut, sehingga memberikan keleluasaan yang lebih kepada aparat penegak hukum dalam memproses,” ujar beliau, Kamis (24/5/2018).

Selain itu, lanjut Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PPP tersebut bahwa frasa adanya kepentingan motif politik, ideologi, dan atau ancaman terhadap keamanan negara itu masuk dalam bagian menimbang, maupun penjelasan umum dari UU tersebut.

“Semoga ini bisa cepat selesai,” terang beliau.

Sebagaimana diketahui, Sekjen PPP tersebut menambahkan, bahwa rumusan yang diajukan pemerintah tidak mencantumkan ideologi dan motif politik dalam definisi terorisme. Yang mana sebelumnya, dalam pembahasan dua alternatif yang diajukan oleh Pemerintah sempat jadi perdebatan sengit hingga 10 Fraksi di DPR terbela dua.

Fraksi PDI Perjuangan dan Fraksi PPP memilih alternatif I dengan memasukan nama Negara dalam frasa tersebut. Sementara 8 Fraksi lainnya memberi catatan agar kata negara di belakang tidak perlu dengan alasan pemahamannya terlalu luas. (Ch)