Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Fraksi PPP Perjuangkan RUU Lembaga Pendidikan Keagamaan dan Pesantren

11 Januari 2018 - 17:38:04 | 1820

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Rancangan Undang Undang (RUU) Lembaga Pendidikan Keagamaan dan Pesantren sudah masuk dalam Prolegnas 2018, dan akan dibahas dalam rapat harmonisasi Baleg hari ini, Kamis (11/1/2018).

Dalam sambutannya, pimpinan Badan Legislasi (Baleg) sangat mengapresiasi Draft usulan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) untuk dibahas dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) pada tahap berikutnya.

Anggota Komisi IX DPR Fraksi PPP M. Iqbal mengusulkan, bahwa RUU Lembaga Pendidikan Keagamaan dan Pesantren perlu ada perbaikan atau revisi konteks muatannya.

“Semangat RUU adalah terbentuknya generasi masa depan Indonesia yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tapi lebih jauh punya kualitas moral dan spiritual yang kuat”, ungkap politisi PPP asal Dapil Sumbar itu.

Lebih lanjut Iqbal menuturkan, soal Pesantren yang juga harus mendapat perhatian lebih demi keberlangsungan dan perkembangannya.  

“Pesantren ada jauh sebelum Indonesia merdeka, namun sampai sekarang belum ada regulasi yang memperhatian keberlangsungannya, seakan-akan pemerintah belum hadir pada lembaga pendidikan yang sudah banyak berjasa pada tanah air ini,” tuturnya

“Oleh sebab itu penting kiranya RUU ini dimaknai sebagai hadirnya negara terhadap keberlangsungan Pesantren yang jumlahnya sudah mencapai ratusan ribu di Indonesia”  imbau Iqbal dengan tegas.

Senada dengan Fraksi PPP, Erfandi dari Komisi Hukum MUI sangat mendukung dibahasnya RUU ini yang akan dilanjutkan dalam RDPU, ini sebuah kemajuan dan komitmen positif dari legislatif untuk membentengi moral bangsa.

“Karena secara konstitusional keberadaan lembaga keagamaan dan pesantren sudah diamanahkan oleh konstitusi pasal 29 UUD 1945, yang mewajibkan negara untuk memeluk dan mengembangkan ajaran agamanya,” ujarnya. (Af)