Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Fraksi PPP Tanggapi Mewabahnya Virus Difteri di Indonesia

05 Desember 2017 - 17:28:51 | 148

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) mendorong pemerintah mengambil langkah luar biasa dalam menanggapi penyakit difteri yang kembali mewabah di 20 provinsi di Indonesia. Hal itu disampaikan Anggota Komisi IX DPR RI Okky Asokawati, Selasa (5/12/2017).

“Ancaman penyakit yang mengkibatkan kematian ini harus benar-benar mendapat cermatan dan penanganan yang di luar kebiasaan,” tegas srikandi PPP tersebut.

Menurut Okky, dari penyebaran wabah yang terjadi saat ini, pemerintah tentunya memiliki peta penyebaran virus difteri. Dari peta tersebut, pemerintah dapat melakukan tindakan yang fokus dan terarah serta dapat melokalisir penyebaran virus ke tempat lainnya.

Okky menyampaikan, pemerintah harus memastikan ketersediaan antibiotik dan anti serum difteri sebagai langkah cepat dalam merespons penderita difteri.

“Ketersediaan dan langkah cepat dalam menangani penderita wabah difteri untuk meminimalisir dampak lanjutan bagi penderita,” tuturnya.

Okky juga menyoroti kualitas vaksin, dengan meminta standar kualitas vaksin mesti dipastikan mampu menangkal virus yang masuk ke tubuh. Jika memang vaksin tidak lagi mampu menangkal virus, semestinya produk vaksin disesuaikan dengan virus yang ada.

“Kemungkinan juga terjadi mutasi virus yang lebih cepat sehingga efektifitas obat menjadi tidak tepat. Karenanya perlu dilakukan penelitan terkait efektifitas vaksin,” katanya.

Tidak lupa Okky juga mengingatkan, mewabahnya kembali penyakit difteri ini harus jadi pembelajaran bahwa imunisasi harus dilakukan dengan tepat dan benar. Serta harus terintegrasi antara data saat balita dan saat menasuki usia sekolah dasar. Okky mengusulkan adanya Rapor Kesehatan Anak yang melampirkan data imunisasi anak saat memasuki awal sekolah. (Af)