Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Gus Rommy Ungkap Alasan Maruf Amin Dipilih Jokowi

11 Agustus 2018 - 11:35:49 | 51

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Ketua Umum PPP, Romahurmuziy mengatakan terpilihnya nama Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Maruf Amin sebagai pendamping Jokowi di Pilpres 2019 karena namanya merupakan titik temu dari semua pihak.

"Maruf Amin merupakan titik temu dari seluruh parpol dan masyarakat," ucap Gus Rommy di Menteng, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Beliau menuturkan, memang elektabiltas sosok cawapres dipertimbangkan. Akan tetapi ada hal lain yang mesti diperhatikan. Gus Rommy menegaskan, jika hanya faktor elektabilitas saja dipertimbangkan, maka mungkin saja hasilnya berbeda.

"Elektabilitas juga jadi pertimbangan, kalau hanya ditinjau elektabilitas mungkin pilihannya berbeda. Tapi karena kami mendengar dari berbagai kalangan aspek kapabilitas juga penting," pungkasnya.

Presiden Jokowi akhirnya memutuskan memilih Ma'ruf Amin sebagai cawapres untuk pilpres 2019. Nama Ketua Umum MUI itu sebelumnya masuk dalam 10 nama kandidat cawapres yang dipertimbangkan. Jokowi membeberkan alasan kenapa dirinya memilih Maruf Amin sebagai cawapres. Menurutnya, Maruf Amin adalah tokoh agama yang bijaksana.

"Beliau juga pernah duduk di legislatif, DPRD, DPR RI, MPR, Wantimpres, Rais Aam PBNU, dan ketua MUI," kata Jokowi.

Selain itu, dalam kaitannya dengan kebhinekaan, lanjut Jokowi, KH Maruf Amin saat ini menjabat Dewan Pengarah Ideologi Pancasila. (red, Sk)