Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Hasil Survei KedaiKOPI, Elektabilitas Ketum PPP Cukup Kuat

12 Juli 2018 - 08:56:17 | 36

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID – Hasil survei terbaru yang dirilis Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), terkait nama-nama Calon wakil presiden (Cawapres) dari kalangan santri untuk Pemilu 2019 menyebutkan, Ketua Umum (Ketum) DPP PPP  M Romahurmuziy memiliki tingkat elektabilitas yang cukup kuat (27 persen) dibanding  Moh Mahfud MD (7 persen), Din Syamsudin (6,1 persen) dan Said Aqil Siroj (2,9 persen). Meski untuk saat ini, tingkat elektabilitas tertinggi masih ditempati Tuan Guru Bajang (TGB).

Responden KedaiKOPI menilai, para tokoh yang muncul cocok untuk mendampingi Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun depan.

"Tokoh-tokoh ini dipersepsi sebagai santri yang mampu menduduki jabatan wakil presiden, terutama untuk Pak Jokowi," ujar Peneliti KedaiKOPI, Kunto Ari Wibowo dalam siaran pers KedaiKOPI, Rabu (11/7).

Sebelumnya, Fernita Darwis, politisi PPP mengungkapkan Ketum DPP PPP yang biasa disapa Gus Rommy itu merupakan tokoh muda yang intelek dan agamis. Selain itu, menurut dia, pengalaman politiknya tidak diragukan lagi.

"Jika Pilpres 2019, pasangannya nasionalis-santri, maka tokoh yang cocok untuk dampingi Jokowi adalah Mas Romi,” kata Fernita.

Survei KedaiKOPI yang dilakukan pada 3-7 Juli 2018 itu berlaku di sepuluh provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Lampung, Sumatera Selatan dan Riau.  Margin of error dalam survei yang menggunakan metode multistage random sampling itu ada di angka 2,89 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (EL)