Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Karir Kang Uu dari Pesantren Berkhidmat Untuk Warga Jawa Barat

05 Juni 2018 - 11:30:14 | 213

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat yang diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Uu Ruzhanul Ulum merupakan sosok yang tidak bisa dilepaskan dari pesantren. Selain itu, beliau adalah cucu K.H. Khoer Affandi atau yang di lingkungan pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya dikenal dengan sebutan Uwa Khoer, sosok ulama kharismatis pendiri pesantren yang ribuan alumninya saat ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan di mancanegara.

Wajar jika kultur kebersahajaan dan rasa kebersamaan senantiasa nampak dan mewarnai aktifitas keseharian Kang Uu. Terlahir dan tumbuh besar di lingkungan pesantren, beliau seringkali dibawa oleh kakeknya KH. Khoer Affandi ke berbagai tempat untuk mendampingi sang kakek berdakwah, serta beragam kegiatan sosial lainnya.

“Secara sosial, hidup ini baru bisa disebut bermakna apabila hidup kita bermanfaat bagi masyarakat,” ujar  beliau.

Kang Uu juga mengungkap, prinsip hidup yang diwariskan dari sang kakek, kedua orang tua dan keluarga besarnya, sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Khoirunnas anfauhum linnas.

Pendidikan sekolah formal beliau tempuh dimulai dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Khoeriyah, SMP Negeri Manonjaya, SMA Pasundan, hingga Studi S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi. Kang Uu juga tercatat pernah mondok di sejumlah pesantren. Diantaranya, Pesantren Bantar Gedang Cibeureum Tasikmalaya, Ponpes Miftahul Huda Ustmaniyah Cikole Cihaurbeuti, Ciamis, Ponpes Baitul Hikmah, Haurkoneng Salopa Tasikmalaya, dan pesantren yang didirikan kakeknya, Ponpes MIftahul Huda, Manonjaya Tasikmalaya.

Berlatar tradisi dan akar pesantren yang kuat tersebut, Kang Uu kemudian berkiprah di partai politik. Aktifitas politiknya dimulai di usia yang masih relatif muda, tepatnya saat berusia 18 tahun, dengan bergabung sebagai kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang memang memiliki basis politik sangat kuat di Tasikmalaya dan wilayah Priangan Timur.

Berbekal pengalaman sebagai wakil rakyat, dan Bupati dua periode, Kang Uu dalam beberapa kesempatan kerap menyampaikan keinginannya untuk berkiprah di tingkat yang lebih luas yaitu menjadi pemimpin Provinsi Jawa Barat. Menurut beliau, menjadi anggota DPRD dan Bupati sudah dilakoni. Namun, jika menjadi pemimpin di tingkat Provinsi, beliau menyebut bahwa akan lebih banyak memberikan kemanfaatan untuk banyak orang.

Keinginan untuk menjadi pemimpin di Jawa Barat tersebut, terjawab dalam bentuk takdir politik mendampingi Ridwan Kamil sebagai Calon Wakil Gubernur. Pasangan bertagline “RINDU” yang diusung PPP ini akan berjuang merebut kepercayaan 33 juta pemilih di Jawa Barat, untuk mendudukan mereka ke kursi Gubernur dan Wakil Gubernur. (Ch)