Logo PPP

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Kesehatan Jiwa, Sorotan Politikus PPP Okky Asokawati

03 Januari 2017 - 14:48:46 | 446

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID-JAKARTA - Mengawali tahun 2017, Anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati membuka lembaran kerja dengan beberapa catatan penting. Okky kali ini menyoroti bidang kesehatan dan tenaga kerja.

Dia mendorong pemerintah untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) sebagai aturan pelaksana UU Kesehatan Jiwa, UU Rumah Sakit dan UU Keperawatan.

Kami meminta pemerintah memasukkan sejumlah PP tersebut dalam program pembentukan PP tahun 2017. Mengingat PP tersebut cukup penting terkait dengan komitmen pemerintah dalam politik kesehatan yang pro publik, kata Okky dalam pesan singkat yang diterima wartawan parlemen di Jakarta, Senin (2/1/2017).

Politisi perempuan dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan ini meminta agar pemerintah dalam hal ini lebih serius dan sistemik untuk menekan laju jumlah penduduk. Karena itu, koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah harusnya lebih kongkrit karena belum ada koordinasi yang nyata untuk menekan angka jumlah penduduk, imbau Okky.

Dijelaskannya rencana sentralisasi petugas layanan berencana langsung ditangani oleh BKKBN Pusat. Memasuki tahun 2017 ini agar pemerintah segera mengkonkritkan terwujudnya koodinasi yang lebih baik dan nyata, ujarnya.

Ia juga menyoroti masalah layanan peserta BPJS Kesehatan, yang masih muncul di lapangan. Ia menilai petugas kesehatan  kurang responsif terhadap pasien dari BPJS Kesehatan hingga saat ini.

Kesan peserta BPJS Kesehatan sebagai pasien kelas dua itu masih muncul. Semestinya kesan tersebut harus segera diubah oleh seluruh petugas kesehatan. Pada 2017 persoalan tersebut diharapkan tidak lagi muncul. Sebab, bagaimana pun juga, peserta BPJS Kesehatan bukanlah pasien yang gratisan mereka tiap bulan membayar premi BPJS Kesehatan, ujar Okky. (NETRALNEWS.COM/120N)