Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Ketum PPP Gus Romy dan Habib. Umar bin Ahmad Bafaqih Pimpin Sholawat Ribuan Warga NU Kebumen

14 Juni 2017 - 19:27:09 | 586

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

Ketum PPP Gus Romy dan Habib. Umar bin Ahmad Bafqih pimpin sholawat bersama Ribuan Warga NU Kebumen

PPP.OR.ID - Ribuan Warga NU Kuwarasan Ikuti Tabligh Akbar serta Sholawat Bersama Habib Umar bin Ahmad Bafaqih dari Yogyakarta dan Ir. H. Muhammad Romahurmuziy, M.T (Anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Partai Persatuan Pembangunan mewakili Jawa Tengah VII) di Komplek Masjid Kauman Babussalam Desa Kuwarasan, Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen.

Dari jumlah ribuan tersebut didominasi oleh generasi muda NU yang tentunya pecinta Sholawat, rajin ibadah, dan rajin mengaji.

Mereka ini punya komunitas yang disebut "Syekhermania Kebumen".

Selain warga NU asli Kuwarasan dan warga kecamatan lain di Kabupaten Kebumen, para pecinta Sholawat dari kabupaten sekitar Kebumen seperti: Purworejo juga ikut hadir dalam acara ini.

Pada acara tabligh akbar yang terselenggara dalam rangka memperingati Nuzulul Quran tersebut juga dihadiri para Ulama/Kyai Kuwarasan dan sekitarnya, antara lain: KH. Hasan Masykur Al-Aziz (Pengasuh Pondok Pesantren Fathul Ulum Gandusari Kuwarasan), Pengasuh Pon-Pes Riaydlotul Anwar Kuwarasan, dan Kyai Mahmud Fauzi. Selain itu para polisi, TNI, dan banser NU juga hadir dan ikut berpartisipasi dalam tertibnya acara.

Acara peringatan Nuzulul Quran yang dilaksanakan pada tanggal 12 Juni 2017 M / 18 Ramadhan 1438 H dari sekitar pukul 21.00-23.55 WIB tersebut diselenggarakan oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kuwarasan Kabupaten Kebumen bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) Cabang Purwokerto.

Pra Acara
Sebelum acara Tabligh Akbar dan Sholawat bersama Habib Umar bin Ahmad Bafaqih dan Ir. H. Muhammad Romahurmuziy, M.T diisi Hadroh oleh Majelis Sholawat Kecamatan Kuwarasan (MASHOKKA) pimpinan Gus M. Syafiq Abdillah.

Selain Hadroh, dalam pra acara ini juga diisi kegiatan sosialisasi oleh petugas perwakilan dari Bank Indonesia (BI) tentang uang rupiah baru tahun emisi 2016 dan penjelasan tentang gambar pada pecahan 100 ribu tahun 2014 yang diduga mirip gambar paluarit itu sebenarnya merupakan logo unsur pengaman yang disebut sebagai rectoverso (gambar saling isi). Pada akhir pra acara dari BI, pihaknya juga mengadakan kegiatan kuis berhadiah. Pada kegiatan kuis berhadiah, petugas/pegawai BI memberi beberapa pertanyaan, antara lain:

  • berapa nilai nominal pecahan uang kertas rupiah terkecil yang pernah berlaku di Indonesia? 1 rupiah
  • ada berapa pecahan uang kertas emisi 2016? 7
  • siapa gambar Pahlawan yang ada pada uang pecahan Rp 5.000; tahun emisi 2016?

Pada pertanyaan tentang gambar Pahlawan pada uang lima ribu rupiah emisi 2016, pihak BI menjelaskan bahwa Pahlawan yang ada pada uang 5 ribu rupiah keluaran 2016 adalah KH. Idham Chalid . Di mana beliau adalah ulama dan politikus. Beliau termasuk tokoh Indonesia yang pernah menjadi pucuk pimpinan di lembaga eksekutif, legislatif dan ormas (Wakil Perdana Menteri, Ketua DPR/MPR, dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama). Beliau menjabat menjadi Ketua Umum PBNU dari 1956 hingga 1984.

Susunan acara Tabligh Akbar dalam Rangka Memperingati Nuzulul Quran yang dilaksanakan di Komplek Masjid Kauman Babussalam pada tanggal 12 Juni 2017 adalah sebagai berikut:

  • Pembukaan
  • Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars NU
  • Pembacaan Ayat-Ayat Suci Al-Quran
  • Hadroh dan Pembacaan Kitab Maulid Simtudduror 
  • Prakata Panitia
  • Sambutan Bupati Kebumen (Ir. H. MOHAMMAD YAHYA FUAD, SE) dan Sambutan Ir. H. Muhammad Romahurmuziy, M.T
  • Maungidhotul Hasanah: Habib Umar bin Ahmad Bafaqih dari Yogyakarta
  • Penutup
  • Adapun dalam pelaksanaan acaranya sebagai berikut.

     

    1. Pembukaan

    Acara Tabligh Akbar dibuka dengan bacaan Surat Al-Fatihah secara bersama-sama

     

    2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars NU

    Hadirin yang 70 persen adalah para remaja putra/putri NU maupun ansor-fatayat dari Kuwarasan dan sekitarnya serta sebagian dari Purworejo sangat semangat dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars NU

    3. Pembacaan Ayat-Ayat Suci Al-Quran

    Saat Ayat-Ayat Suci Al-Quran dibaca, hadirin pun menyimak dengan tenang sehingga suasana menjadi hidmat-hening.

    4. Hadroh dan Pembacaan Kitab Maulid Simtudduror

    Pelaksanaan Hadroh dan Pembacaan Kitab Maulid Simtudduror berjalan sangat lancar. Dengan dipimpin oleh Habib Umar bin Ahmad Bafaqih, hadirin pun merasa lebih bersemangat. Silakan tonton cuplikan videonya di bawah ini.

    Di akhir acara hadroh, kembali dilantunkan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama.

    5. Prakata Panitia 

    Sepertinya acara Prakata Panitia  ditiadakan karena waktu yang sudah cukup malam.

    6. Sambutan Bupati Kebumen (Ir. H. MOHAMMAD YAHYA FUAD, SE) dan Sambutan Ir. H. Muhammad Romahurmuziy, M.T

    Pada acara yang ke-6 ini, akhirnya hanya sambutan tunggal dari Bapak Ir. H. Muhammad Romahurmuziy, M.T karena Bapak Bupati Kebumen (Ir. H. MOHAMMAD YAHYA FUAD, SE) tidak hadir.

    Pada akhir sambutan tunggal tersebut, Bapak Ir. H. Muhammad Romahurmuziy, M.T berpesan kepada hadirin, khususnya kepada para generasi muda NU untuk:

    • rajin belajar
    • rajin berdoa, mengaji, beribadah
    • belajar berwirausaha/berdagang

    Setelah pesan sambutan selesai, dilanjutkan acara pemberian wakaf Kitab Suci Al-Quran secara simbolis oleh Ir. H. Muhammad Romahurmuziy, M.T  kepada perwakilan beberapa takmir Masjid di wilayah Kecamatan Kuwarasan.

    7. Maungidhotul Hasanah dari Habib Umar bin Ahmad Bafaqih dari Yogyakarta

    Pada acara inti yang diisi dengan nasihat kebaikan ini, pesan terakhir dari Habib Umar bin Ahmad Bafaqih kepada hadirin adalah "Jadilah Orang Sholih"

    8. Penutup

    Acara Tabligh Akbar ditutup dengan Doa (Fokuskebumen/TN)