Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Komisi IX DPR Minta Pemerintah Usut Izin TKA di Hotel Alexis

02 November 2017 - 15:24:03 | 288

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID – Terkait kasus hotel Alexis, pemerintah dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Hukum dan HAM harus mengusut izin tenaga kerja asing Hotel Alexis. Hal ini menyusul keberadaan 104 tenaga kerja asing di perusahaan itu, sebagaimana diungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pernyataan itu dilontarkan oleh Anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati.

"Saya mendesak Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Hukum dan HAM dalam hal ini Ditjen Keimigrasian untuk mengaudit TKA yang bekerja di Hotel dan tempat hiburan terkait dengan izin mereka ke Indonesia," ujar Okky melalui keterangan persnya Kamis (2/11/2017).

Menurut legislator PPP itu, pemerintah harus memastikan apakah 104 pekerja asing itu mengantongi izin bekerja sesuai ketentuan yang diatur dalam UU Ketenagakerjaan. Jika mereka hanya mengantongi izin berkunjung, tetapi dalam praktiknya mereka bekerja, tentu merupakan penyalahgunaan izin.

"Kami meminta pemerintah tegas dalam menerapkan aturan terkait keberadaan warga asing termasuk soal TKA," tandasnya.

Okky yang juga menjabat Sekretaris Dewan Pakar DPP PPP itu menambahkan, terlebih keberadaan 104 pekerja asing itu disinyalir melakukan praktik asusila. Padahal merujuk UU 13 Tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan dan Permenaker 16/2015 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing, penggunaan TKA diperkenankan dalam posisi manager dan memiliki fungsi untuk melakukan transfer knowledge atau alih pengetahuan terhadap tenaga kerja domestik.

"Karenanya, langkah Pemprov DKI Jakarta ini harus menjadi momentum seluruh pihak untuk menertibkan dan menegakkan aturan, termasuk dalam aspek ketenagakerjaan," tuntasnya. (Ay)