Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Menguak Kedekatan Presiden Jokowi dengan Ketum Romahurmuziy

12 Februari 2018 - 16:14:37 | 258

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Seperti diketahui dan dikabarkan banyak media, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M. Romahurmuziy kerap mendampingi Presiden RI Joko Widodo. Terdekat ini dalam dua kali kunjungan kerjanya Presiden berdampingan dengan Ketum Rommy.

Pertama saat bersama Presiden ikut meresmikan Stadion Tennis Indoor Senayan, kedua ketika berkunjung ke Pondok Pesantern (Ponpes) Salafiyah Safi’iyah Situbondo, Jawa Timur, terlihat kompak antara Ketum Rommy dan Presiden Jokowi sama-sama memakai sarung.

M. Romahurmuziy sebagai Ketum Parpol termuda diantara ketum partai lain digadang-gadang banyak kalangan sebagai sosok yang pantas mendampingi Jokowi pada Pemilihan Umum Pilpres 2019 nanti. Hal itu tidak lain karena kedua tokoh tersebut dianggap ideal, karena mewakili golongan tua dan muda, selain itu juga representasi dari kaum nasionalis dan santri.

Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Lembaga Kajian dan Survey Nusantara (LAKSNU) Gugus Joko Waskito mengakui, dibenaknya muncul pertanyaan soal maksud dari ajakan Jokowi tersebut. Terlebih Ketum Rommy juga diajak naik helikopter dari Surabaya menuju Ponpes Salafiyah Safi’iyah Situbondo, Jawa Timur.

“Ada apa dengan Jokowi? Kenapa dengan Ketum Rommy? Memang Romahurmuziy Ketua Umum Parpol termuda di Indonesia, tapi kenapa Jokowi tiba-tiba mengajaknya? Bahkan di dua kegiatan tersebut Jokowi tak mengikutsertakan Menteri terkait (Menpora dan Menristekdikti) yang harusnya mendampingi Presiden sesuai dengan kegiatan yang dilangsungkan,” ujar Gugus, Senin (12/2/2018).

Lebih lanjut Gugus menilai, sosok figur M. Romahurmuziy ini mewakili kalangan Islam, kalangan Nahdliyyin, darah biru NU, dan mewakili kalangan muda.

“Jokowi rupanya sedang menimang nimang figur Cawapres Santri. Cawapres yang mewakili pemilih Islam dan masih santri. Bukan Kyai. Figur muda yang bisa menyasar pemilih pemula. Siapa yang akhirnya di pilih Jokowi?,” tutup Gugus.

Sementara itu, dari pihak internal PPP sudah sepakat dengan publik yang menginginkan sosok santri sebagai pendamping Jokowi, untuk menghindari isu sara yang akan dilimpahkan kepada Jokowi nanti.

Pilpres 2019 tidak lama lagi, Jokowi terlihat sedang menimang-nimang sosok figur Calon Wakil Presiden (Cawapres) Santri, yang bisa mewakili seluruh elemen masyarakat islam dan diterima oleh organisasi islam. Kendati demikian, semua keputusan ada dipihak Jokowi nantinya. (Ch)