Logo PPP

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Menjelang Puasa, Politisi PPP Soroti Kenaikan Harga Sembako di Wilayah Perbatasan

11 Mei 2017 - 20:58:23 | 571

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Berau - Menjelang bulan puasa beberapa harga kebutuhan bahan pokok telah mengalami kenaikan di sejumlah daerah. Menurut kunjungan inspeksi yang dilakukan oleh Anggota Komisi IV DPR RI, Kasriyah (11/2), dua minggu sebelum bulan puasa, beberapa bahan pangan di pasar di Kalimantan Timur sudah sangat tinggi. Untuk itu pemerintah daerah dan pemerintah pusat diharapkan bisa menekan melambungnya harga pangan selama bulan puasa dan idul fitri.

"Setiap tahun harga pangan ketika bulan puasa dan idul fitri akan mengalami kenaikan, pemerintah diharapkan lebih awas, dan bisa menemukan solusi agar harga pangan ketika ramadan bisa stabil," katanya.

Kasriyah menyayangkan lonjakan harga pangan khususnya bawang putih yang terjadi di wilayah perbatasan. Di sejumlah pasar di wilayah Kalimantan Timur harga bawang putih saat ini mencapai 75.000/kg, sedangkan bawang merah masih mencapai 30.000/kg. Persoalan pelik lainnya, masyarakat banyak mengeluhkan kenaikan harga gula pasir yang mencapai 17.000/kg.

"Ini belum bulan puasa harga sudah sangat tinggi, mengenai beras insyaallah stok bulog masih cukup, sedangkan bahan pokok lainnya seperti daging, bawang merah, bawang putih, cabai kalau tidak dikontrol bisa lebih tinggi harganya," tegasnya.

Sementara itu, politisi PPP ini juga menyoroti ketersediaan beras di Badan Urusan Logistik (Bulog) wilayah Kalimantan Timur. Menurutnya, persediaan beras di Bulog Kaltim masih cukup untuk Sembilan bulan mendatang. Selain itu Kasriyah juga menghimbau agar Bulog dapat mengatur persediaan beras tidak terlalu lama dan menumpuk, sehingga penyaluran bantuan beras bersubsidi (raskin) kepada masyarakat masih baik kualitasnya.

"Kita juga menerima aduan masyarakat, agar sistem penyaluran beras bersubsidi (raskin) masih dalam kualitas baik," pungkasnya. (PPP.OR.ID/TN)