Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Okky Asokawati: BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan Harus Duduk Bersama

30 November 2017 - 14:53:36 | 64

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) Okky Asokawati turut angkat bicara, menanggapi semakin meningkatnya jumlah tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja.

"Ketika kemudian dikatakan banyak pada kecelakaan kerja maka kemudian saya berpikir, bagaimana dengan jaminan kecelakaan kerja yang ada di BPJS TK (Ketenagakerjaan). Karenanya saya berharap agar BPJS TK dan BPJS Kesehatan duduk bersama melakukan definisi mana yang disebut dengan kecelakaan kerja, mana yang disebut kecelakaan bukan karena kerja," paparnya saat ditemui ppp.or.id, di gedung DPR RI, Kamis (30/11/2017).

Persoalan ini harus segera diselesaikan, jika tidak, maka akan sulit keduanya terutama untuk BPJS Kesehatan. Sebab, bisa saja itu bukan kecelakaan kerja, namun kemudian dibebankan, atau yang sebenarnya kecelakaan kerja tapi dibebankan kepada BPJS Kesehatan. Dalam hal ini, BPJS Kesehatan kemungkinan juga akan beresiko mengalami rugi, defisitnya bisa semakin besar.

"Tapi yang agak menggelitik saya adalah ketika Dirut BPJS TK mengatakan BPJS Kesehatan bisa mengkalim kepada BPJS TK mengenai kecelakan kerja tersebut, itu harusnya melanggar uu, tidak boleh," terangnya.

Dari info yang didapat, tahun ini pekerja yang mengalami kecelakaan kerja tercatat sudah mencapai 101.367 pekerja. Yang bila dihitung per harinya terdapat sekitar 277 pekerja yang mengalami kecelakaan kerja.

Sekitar 92.000 pekerja yang mengalami kecelakaan kerja tersebut berhasil sembuh, dan sedangkan 6.700 pekerja lainnya mengalami cacat dan cacat anatomi. (Ay)