Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Peran Strategis Panglima TNI Pengganti Gatot

14 November 2017 - 15:19:26 | 436

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Panglima TNI yang akan datang memiliki peran strategis. Sebab, terkait dengan sejumlah agenda politik yang harus dikawal, seperti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Hal itu disampaikan oleh Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) MPR RI Arwani Thomafi dalam keterangan persnya pada ppp.or.id Selasa (14/11/2017).

Arwani memberi Penekanan, bahwa harus dipastikan pengganti Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mampu membawa institusinya imparsial, tak berpolitik praktis. Kemudian, teguh mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Selain itu, agenda modernisasi kekuatan TNI serta persoalan kesejahteraan TNI juga menjadi pekerjaan rumah yang harus terus dikawal pimpinan TNI," tandasnya.

Meski demikian, Anggota Komisi I DPR itu menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo terkait usulan pergantian Panglima TNI. Pertimbangannya, menjadi hak prerogatif Presiden, sesuai amanat konstitusi.

"Kapan dan dari angkatan mana, biarlah pembahasan hal itu tidak menjadi ruang yang akan mengurangi hak prerogatif Presiden," pungkasnya. (Oky)