Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Perjuangan PPP terjawab, Baleg Sepakati RUU Pesantren dan Pendidikan Agama

13 September 2018 - 20:39:07 | 3894

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Badan Legislasi (Baleg) DPR RI secara aklamasi menyetujui RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan sebagai usul inisiatif DPR, Kamis (13/9). Terdiri atas 10 Bab dan 169 pasal, RUU akan segera disampaikan di rapat paripurna untuk disetujui dan ditetapkan menjadi RUU Inisiatif DPR RI.

PPP yang merupakan salah satu fraksi pendukung RUU, turut berkontribusi dalam mewujudkan RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan. Sejak 2013 lalu, PPP mengusulkan RUU tersebut masuk daftar Prolegnas.

Melewati perjalanan yang cukup panjang, awalnya RUU tersebut diajukan dengan judul RUU Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. Dalam penyusunan draft RUU, PPP bersedia berkompromi dengan menyandingkan draft RUU yang di himpun oleh tenaga ahli Baleg bersama tenaga ahli PPP dan tenaga ahli PKB. Selain itu, PPP juga meminta masukan dari para stakeholder yaitu pimpinan Pondok Pesantren dan Lembaga Pendidikan Agama.

"RUU ini tidak hanya mengatur pendidikan agama Islam saja seperti Pesantren dan Madrasah Diniyah tapi pendidikan semua agama yang sah di Indonesia diatur," kata Baidowi selaku Wakil Sekretaris Fraksi PPP DPR.

Baidowi juga menambahkan, dengan adanya RUU diharapkan nantinya perhatian negara terhadap pondok pesantren dan lembaga diniyah akan lebih besar termaksuk dalam hal kebijakan anggaran. Kemudian, Baidowi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terkait yang telah memberikan dukungan dalam menyusun RUU tersebut.

"Institusi pendidikan tersebut sudah ada sejak sebelum Indonesia merdeka. Fraksi PPP mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mensuport penyusunan RUU ini," tandasnya.