Logo PPP

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Politisi PPP Reni Marlinawati Ajak Masyarakat Sukabumi Sadar Wisata

12 Mei 2017 - 16:18:36 | 707

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - SUKABUMI - Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PPP Reni Marlinawati, berkomitmen mendorong peningkatan pariwisata di Kabupaten Sukabumi. Di mana industri pariwisata merupakan salah satu penghasil devisa yang terus mengalami peningkatan pesat dibanding sektor lainnya. Bahkan sektor pariwisata masuk lima besar penghasil devisa negara yang sebelumnya selalu didominasi oleh minyak gas dan batu bara.

"Ke depan, sektor pariwisata akan menjadi sumber penghidupan bagi orang-orang di sekitar objek wisata," katanya
kepada magnetberita.com, Kamis (11/5/2017).

Reni mengatakan, dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, dari 6 miliar penduduk dunia yang melakukan perjalanan wisata mencapai sekitar 200 sampai 400 juta jiwa. Saat ini saja, menurutnya, mereka yang melakukan perjalanan wisata dunia mencapai 1,5 miliar jiwa. Terlebih di negara maju seperti dibelahan eropa, sektor pariwisata merupakan penghasil devisa terbesar, sehingga rakyatnya menjadi makmur.

"Komitmen saya ingin memajukan pariwisata Sukabumi. Bukan karena saya duduk di Komisi X yang membidangi pariwisata, bukan pula saya orang Sukabumi. Tapi kemajuan sektor pariwisata Sukabumi jauh lebih penting agar bisa sejajar dengan negara lain karena destinasi wisata kita cukup melimpah, apalagi setelah adanya Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Namun untuk pengembangan pariwisata itu harus ditopang dengan sadar wisata masyarakat," tegasnya.

Dia menilai, sebesar apapun jumlah anggaran dan sehebat apapun program pemerintah daerah, jika masyarakat di objek wisata tidak punya kepedulian, akan menjadi percuma. Oleh karena itu, dirinya mengajak masyarakat agar menumbuhkan sadar wisata demi kemajuan pariwisata daerah.

"Potensi wisata di Sukabumi itu sangat banyak dan aset yang perlu kita jaga. Tapi pemberdayaan terhadap masyarakat di objek wisata, baik pembinaan karakter maupun SDM-nya lebih utama untuk menunjang keberlangsungan pariwisata Sukabumi," ulasnya.

Maka dari itu, dirinya selalu membawa program pengembangan SDM bagi masyarakat pariwisata, agar pola pikirnya dapat berubah. Reni berkata, kultur dan perilaku masyarakat, terutama di objek wisata harus sudah mulai mendapat bimbingan agar terciptanya daerah kunjungan wisata yang menarik, aman, dan nyaman.

"Kalau dilihat dari sisi fisik, adventur, atraktif dan budaya Sukabumi sudah lengkap. Tinggal bagaimana masyarakat di objek wisata itu cara menyikapinya. Saat ini yang lebih utama adalah pembinaan yang berkesinambungan," jelasnya.

Di sisi lain, Reni menganggap pentas malam pesona Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, yang digelar Rabu (10/5/2017) malam, di GOR Palabuhanratu menandakan geliat potensi wisata Kabupaten Sukabumi akan semakin dikenal dunia. Apalagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat sangat konsen dan mendukung pengembangan di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu dengan pelbagai pembangunan.

"Secara pribadi saya sangat bangga sebagai warga Sukabumi, karena memiliki kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Saya akan memperjuangkan anggaran prioritas untuk memback-up pengembangan geopark ini. Semoga ke depan, pariwisata kita memberikan dampak yang baik bagi masyarakat. Selain itu juga, masyarakat Sukabumi akan semakin apik, bersih, santun dan ramah, sehingga wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke sini sangat antusias," pungkasnya. (MB.COM/TN)