Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

PPP DKI Yakin Gubernur Baru Dapat Realisasikan Program Rumah DP Nol Rupiah

13 Oktober 2017 - 19:08:15 | 255

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Program down payment (DP) nol rupiah untuk pembelian rumah di Jakarta bukan hal mustahil. Hal itu disampaikan oleh Ketua Fraksi PPP DPRD DKI Maman Firmansyah sebagai tanggapan sebagian kalangan yang menyangsikan gagasan pemimpin baru DKI Jakarta.

"Pasti bisa terealisasi. Program itu juga realistis. Kenapa saya bilang realistis? Karena APBD DKI Jakarta itu gede. Setiap tahunnya di atas Rp 70 triliun," kata beliau, Jumat (13/10/2017).

Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI  yang beberapa waktu lagi akan resmi dilantik dalam kampanyenya mencangkan program rumah DP nol rupiah.

Ketua Fraksi PPP DPRD DKI berpendapat demikian setelah melihat fakta dalam beberapa tahun terakhir, masih banyak anggaran yang tak terserap. Jika dapat dimaksimalkan banyaknya dana Pemda DKI program tersebut sangat mungkin untuk dijalankan.

"Nah, kalau sebagian anggaran itu dimaksimalkan untuk membangun rumah susun sederhana milik (rusunami) lalu dijual kepada masyarakat, maka hal itu sangat masuk akal. Jadi, rumah yang dijual itu dalam bentuk rusunami dengan harga terjangkau dan tanpa uang muka," imbuh beliau.

Anggaran triliunan rupiah yang dimiliki Pemetintah DKI dapat digunakan untuk membeli tanah sekaligus membangun rusunami untuk dijual kepada MBR.

"Gubernur dibantu SKPD terkait, seperti Dinas Perumahan untuk membangun rusunami yang nyaman dan lokasi strategis," ucapnya.

Jika itu sudah dilksanakan, yang perlu diperhatikan tinggal bagaimana pendistribusian rumah murah ini agar benar-bener tepat sasaran. Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR yang memiliki hak, jangan sampai diambil kalangan menengah ke atas.

Beliau menambahkan, warga terdampak penggusuran harus diperhatikan dapat ditempatkan di rusunawa khusus. (ZA)