Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

PPP Lindungi Pekerjan Migran Lewat RUU PPMI

13 Oktober 2017 - 19:15:31 | 226

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Pemerintah dan DPR sudah menemui kata sepakat terkait aturan perlindungan pekerja Indonesia yang berada atau bekerja di luar negeri. Politisi senior Irgan Chairul Mahfisz yang duduk sebagai Anggota Komisi IX DPR RI telah berjuang dengan keras untuk membuat Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI).

“Tadi malam sudah disepakati antara Pemerintah dan DPR terkait RUU PPMI (Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) untuk disahkan pada Rapat Paripurna tanggal 25 Oktober nanti,” Jumat (13/10/2017).

Kesepakatan tersebut setelah setidaknya 7 tahun menggodoknya bersama dengan mendapat masukan, pertimbangan dan usulan dari berbagai pihak.

Beliau berharap, dengan adanya peraturan yang akan segera disahkan menjadi UU, nasib para pahlawan devisa lebih dapat diperhatikan dan mendapat perlindungan yang layak.

“Semoga tenaga kerja Indonesia yang bekerja di LN dan mencari penghidupan di LN semakin terlindungi, terpenuhi hak dan kewajibannya sebagaimana warga negara lainnya yang mendiaspora. Semoga pada rapat paripurna berjalan lancar dan mendapat dukungan dari seluruh Fraksi di DPR RI,” tandas beliau.

Beliau menyampaikan beberapa hal yang menjadi fokus dalam RUU PPMI ini ada delapan hal mulai dari pembatasan peran swasta atau PJTKI, adanya pendidikan vokasi dan keterampilan melalui BLK, sistem penyediaan layanan terpadu satu atap.

Sealin itu juga perlindungan bagi anggota keluarga, peran Pemda dari desa hingga propinsi, jaminan hak-hak termasuk hak berserikat, adanya asuransi BPJS dan adanya sanksi pidana yang memiliki efek jera terutama bagi pejabat.