Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

PPP Sedang Susun Draft Revisi UU Ormas

01 November 2017 - 16:10:22 | 192

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) masih menyusun draf revisi Undang-undang (UU) tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Dalam penyusunan draf tersebut sejumlah stakeholder diundang dan terlibat aktif. Keterangan itu disampaikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal PPP Achmad Baidhowi.

 "Saat ini kami masih menyelesaikan draft RUU revisi, dengan mengundang stakeholder-stakeholder," ujarnya dalam keterangan pers, Rabu (1/11/2017).

Lanjut Anggota Komisi III DPR itu mengatakan, naskah akademik revisi UU Ormas usulan PPP akan diajukan pada kesempatan pertama masa sidang berikut. Ada beberapa poin dalam UU Ormas yang ingin direvisi PPP.

Revisi UU Ormas diberi tekanan terkait kewenangan pengadilan. PPP ingin kewenangan pengadilan dalam pembubaran suatu ormas tetap dimasukkan di UU yang disahkan melalui Rapat Paripurna DPR pada Selasa 20 Oktober 2017 lalu.

"Unsur pengadilan agar tetap dimasukan dalam UU Ormas, besaran sanksi pidana, lalu pihak penafsir Pancasila siapa," papar Wakil Sekretaris Jenderal PPP Achmad Baidhowi.

F-PPP merupakan salah satu fraksi yang menerima pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 menjadi Undang-Undang dengan catatan harus direvisi. (Oky)