Logo PPP

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

PPP Siap Ajukan Calon Wagub untuk Ridwan Kamil

11 Agustus 2017 - 13:55:21 | 482

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID, JAKARTA - Sekretariat Jenderal Partai Persatuan Pembangunan ( PPP) Arsul Sani mengakui, bakal calon gubernur Jawa Barat yang paling intensif membangun komunikasi dengan partainya adalah Ridwan Kamil alias Emil.

Akan tetapi, PPP belum memutuskan siapa calon yang akan diusung.

"Harus kami akui bahwa saat ini yang paling intensif berkomunikasi dengan PPP memang Kang Emil," kata Arsul, melalui pesan singkat, Jumat (11/8/2017).

PPP memiliki 9 kursi di DPRD Jabar. Dengan jumlah kursi ini, dukungan PPP akan membantu pemenuhan syarat mengusung bakal calon.

Oleh karena itu, sebagai syarat, PPP akan meminta kesediaan calon tersebut untuk menggandeng calon wakil gubernur dari internal PPP atau yang ditunjuk PPP, baik internal maupun eksternal.

Arsul mengatakan, tak tertutup kemungkinan PPP juga akan melakukan komunikasi politik dengan partai-partai lain yang belum mengerucutkan calon gubernur dan wakil gubernurnya seperti Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Hanura.

"Juga dengan Nasdem yang sudah lebih dulu mendeklarasikan dukungan kepada Kang Emil," kata Anggota Komisi III DPR RI itu.

Untuk maju sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membutuhkan tambahan dukungan partai.

Saat ini, baru Nasdem yang mendeklarasikan dukungan untuk Ridwan Kamil. Namun, Nasdem tidak bisa mengusung Ridwan Kamil tanpa koalisi karena hanya memiliki 5 kursi di DPRD Jabar.

Untuk mengusung calon gubernur atau wakil gubernur, dibutuhkan 20 kursi. Sementara, PDI-P dan Golkar kemungkinan besar tidak akan mengusung Wali Kota Bandung tersebut untuk maju dalam Pilkada Jawa Barat 2017. Kedua partai itu kemungkinan akan berkoalisi mengusung paket cagub-cawagub. (KOMPAS.COM/EV)