Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

PPP Terus Dorong Peningkatkan Perhatian Terhadap Pesantren

10 Oktober 2017 - 20:44:23 | 371

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Menjelang peringatan Hari Santri Nasional, Persatuan Pembangunan (PPP) konsisten terus mendorong agar pondok pesantren lebih diperhatikan. Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menilai perhatian pemerintah terhadap pondok pesantren masih sangat kurang.

"Kalau bandingannya dengan lembaga pendidikan formal baik di bawah Kemendikbud maupun Kemenag, iya jawabannya, ya sangat jomplang," kata Arsul Sani Selasa (10/10/2017).

Beliau mengungkapkan, sudah semestinya jika Pemerintah memberi perhatian lebih kepada pesantren yakni dengan mengalokasikan anggaran lebih besar. Sebab pesantren memiliki peran besar dalam mendidik anak bangsa. Selain itu peran pesantren dalam sejarah juga tidak terhitung nilainya.

Selama ini alokasi anggaran yang diberikan kepada pesantren masih kalau jauh dengan lembaga pendidian formal.

"Kalau kita liat kan memang, anggaran yang disediakan untuk lembaga pendidikan normal dibandingkan alokasi ke pesantren itu kan sangat jomplang," imbuh beliau.

PPP melalui fraksi PPP di DPR akan mengusulkan Rancangan Undang-undang tentang lembaga pendidikan keagamaan dan pondok pesantren dalam program legislasi nasional (prolegnas 2018). Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap pesantren. Beliau menambahkan usulan ini didukung oleh sejumlah fraksi lain di DPR.

"Kan sebetulnya sudah diusulkan PPP sejak penyusunan prolegnas long list 2014 yang lalu, nah kalau ada RUUnya kan mau nggak mau pemerintah kan terpaksa harus memberikan atensi atau negara ini hadir sesuai dengan ketentuan RUU," tandas beliau. (ZA)