Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Sarasehan Nasional: Islam, Kebangsaan dan Tantangan Modernitas

09 November 2017 - 14:58:49 | 269

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Sarasehan tokoh nasional di gelar di IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Surakarta, Rabu (8/12/2017). Menghadirkan tokoh politik terkemuka Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ir. H.M. Romahurmuziy dan tokoh akademisi Rektor IAIN Surakarta Dr. H Mudofir.

Romahurmuziy yang pada pagi hari sebelumnya hadir dalam pernikahan putri Presiden Jokowi, memanfaatkan momentum sarasehan ini untuk membuka wawasan para mahasiswa IAIN Surakarta. Menurutnya, paham kebangsaan kepada umat Islam harus terus ditanamkan.

"Boleh saja kita fanatik, tapi dasarnya adalah ilmu. Kalo ada anasir-anasir yang ingin mengganti faham kebangsaan kita, maka harus kita lawan," kata Romahurmuziy di hadapan ratusan ribu mahasiswa IAIN Surakarta.

Cicit ulama besar K.H. Wahab Chasbullah itu menjelaskan, dalam demokrasi, umat Islam di Indonesia menjadi umatan washitan, yang berarti umat yang berada di tengah-tengah.

“Tugas kita sebagai umat Islam adalah membentuk sebuah khairu ummah, yaitu umat yang baik.” ungkapnya.

Sementara itu , Rektor IAIN Surakarta Dr. H Mudofir menegaskan, kehadiran tokoh-tokoh politik tingkat nasional untuk memberi pemahaman kepada para mahasiswanya.

"Kebetulan Romaharmuziy ini merupakan politisi akademisi, yang juga santri, sehingga bisa menjelaskan kembali bahwa Islam Indonesia berfaham kebangsaan, sehingga bukan Islam seperti yang di Arab, sehingga Islam bisa menjadi lebih besar dalam berkontribusi kepada bangsa ini," papar Rektor IAIN Surakarta disela-sela menyampaikan materi. (Ay)