Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Soal Pergantian Panglima TNI, DPR Tunggu Surat dari Presiden

15 November 2017 - 15:28:21 | 317

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) Syaifullah Tamliha mengatakan, soal pergantian Panglima TNI yang baru DPR tunggu surat dari Presiden, karena DPR (Komisi I) hanya menguji kapabilitas nama yang dipilih.

"Komisi I DPR hanya menguji kapabilitas nama yang dipilih. Saat ini, kami menunggu Presiden berkirim surat. Kalau Presiden berkirim surat pada masa sidang ini, (pergantian Panglima TNI) akan dibahas pada masa persidangan selanjutnya,” papar Tamliha dalam keterangan persnya pada ppp.or.id, Rabu (15/11/2017).

Wakil Ketua Fraksi PPP itu menjelaskan, surat yang dikirim Presiden ke DPR berisi dua hal. Pertama, meminta persetujuan pergantian Panglima TNI. Kedua, meminta menyetujui calon Panglima yang diajukan.

"Sesuai ketentuan, enam bulan sebelum masa jabatannya berakhir, Panglima membuat surat pengunduran secara resmi. Surat itu dimaksudkan untuk memberi waktu kepada Presiden untuk menyiapkan pengganti Panglima,” jelasnya.

Selain itu Tamliha juga menegaskan, yang tidak kalah penting Panglima TNI yang baru klop dengan Presiden, agar bisa mengemban tugas dengan maksimal demi menjaga kedaulatan NKRI. (oky)