Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Terkait Kerusuhan Mako Brimob, PPP Usul Rutan Super Maximum Security

10 Mei 2018 - 20:30:41 | 132

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Terkait dengan tragedi kerusuhan tahanan yang terjadi di Mako Brimob, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengusulkan, agar dibuat kebijakan tempat penahanan teroris. Hal itu dilakukan agar kasus serupa tidak terjadi kembali.

“Evaluasi tersebut antara lain perlunya mendirikan rutan khusus dengan klasifikasi super maximum security untuk tahanan terorisme,” ujar beliau, Kamis (10/5/2018).

Selain itu, menurut Arsul Sani yang juga Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PPP menyebut, lapas dengan keamanan maksimal ini sangat diperlukan. Karena para tahanan kasus terorisme merupakan kelompok yang mempunyai ideologi tertentu dan setiap saat bisa melakukan tindakan nekat tanpa rasa takut atau khawatir.

“Hal ini sangat membahayakan tahanan lain maupun mereka yang berada di lingkungan kompleks tahanan tersebut,” imbuh beliau.

Oleh karena itu, menurut beliau, rutan atau detention center berklasifikasi super maximum security itu harus memenuhi syarat atau standar yang sama dengan negara-negara lain. Syarat tersebut adalah ketat dalam hal security dan safety. Di samping harus juga memperhatikan faktor kesehatan bagi tahanan dan lingkungan. (Ch)