Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Uu Ruzhanul Ulum, dari Pesantren untuk Umat

10 Januari 2018 - 14:45:36 | 1616

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Nama Uu Ruzhanul Ulum diawal tahun 2018 semakin sering diperbincangkan di media massa, popularitasnya semakin menanjak seiring pencalonannya sebagai Cawagub pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jabar 2018.

Sebagai politisi yang mumpuni dan dikenal berintegritas, tentu tidak lepas dari latar belakang keluarga dan rekam jejaknya yang mengantarkan menjadi pemimpin daerah.

Uu Ruzhanul Ulum, lahir di Tasikmalaya tanggal 10 Mei 1969 dari seorang ayah K.H. Saleh dan ibu kandung bernama Hj. Enung Mutmainnah putra dari K.H. Choer Affandi (alm) pendiri dan pimpinan Pondok pesantren Miftahul Huda Manonjaya. Semenjak kecil Uu berada di lingkungan Pondok Pesantren asuhan kakeknya KH. Choer Affandi yang penuh muatan pendidikan Islam.

Sepak terjang Uu Ruzhanul Ulum di politik dimulai saat usianya baru menginjak 18 tahun. Saat itu Uu masih bertugas sebagai pengurus Ranting PAC Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Setahap demi setahap, meniti karier hingga menjadi Bupati Tasikmalaya.

Riwayat pendidikan formal Uu diantaranya, SMP Negeri Manonjaya, SMA Pasundan Tasikmalaya, dan terakhir S1 Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Siliwangi.

Selain sekolah umum, Uu juga banyak mengenyam pendidikan di pesantren. Belajar di Ponpes Bantar Gedang, Ponpes Miftahul Huda Ustmaniyah, Ponpes Baitul Hikmah Haurkoneng Salopa, dan Ponpes Miftahul Huda Manonjaya pernah dilakoninya.

Kepribadian dan gaya kepemimpinan Uu sangat dipengaruhi latar belakang pendidikannya selama di pesantren. Sosok Uu sebagai kepala daerah dikenal tegas dan rendah hati, Uu juga begitu memperhatikan pendidikan khususnya pendidikan agama. Uu Ruzhanul merupakan pemimpin yang lahir dari pesantren, tak heran figur Uu dianggap representasi dari santri atau golongan agamis.

 

Prestasi Memimpin Daerah

Sejak menjabat sebagai orang nomor satu di Kabupaten Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum tercatat sudah mengantongi 32 penghargaan dari berbagai bidang.

Tahun 2012, Uu dianugerahi penghargaan atas komitmen dan dukungannya dalam penyelengaraan pelayanan penerapan e-KTP. Bersamaan dengan itu, Kabupaten Tasikmalaya berhasil mencapai target perekaman e-KTP lebih cepat dari batas waktu yang ditetapkan.

Di bidang pertanian, Uu mendapat penghargaan dari Menteri Pertanian atas peran aktifnya dalam peningkatan pembangunan di bidang pertanian serta peningkatan produksi gabah pada 2014.

Di tingkat nasional, Uu juga menerima Satyalancana Pembangunan dari Presiden RI karena dianggap berjasa bagi negara dalam bidang pertanian.

Dalam beberapa kesempatan, Uu kerap menyampaikan keinginannya untuk menjadi pemimpin Provinsi Jawa Barat. Menurutnya menjadi Anggota DPRD dan Bupati sudah dilakoni. Namun, jika menjadi Gubernur dirinya bisa mengabdi pada masyarakat yang lebih luas.

Majunya Uu mendampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jabar banyak didukung masyarakat Jabar sendiri, khususnya masyarakat Tasikmalaya yang sudah merasakan keberhasilan kepemimpinannya. (Oky)