Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Wasekjen PPP Minta Mardani Baca UU Soal Usia Minimal Caleg

09 Mei 2018 - 15:18:59 | 123

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pemangunan (PPP), Achmad Baidowi, meminta Wakil Ketua Komisi II Fraksi PKS Mardani Ali Sera membaca Undang-Undang No. 7 tahun 2017, tentang Pemilu terutama bagian yang membahas batas usia minimal caleg DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Menurut Achmad Baidowi, dalam UU tersebut jelas termaktub bahwa syarat usia caleg minimal 21 tahun. Tidak boleh ada peraturan lain yang menabrak syarat usia yang tercantum dalam UU tersebut.

"Bilang ke beliau untuk baca UU No. 7 tahun 2017 Pasal 240 ayat (1) huruf a yang dinyatakan bahwa usia caleg DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota berusia 21 tahun atau lebih," ujar Anggota DPR RI Komisi II melalui pesan singkatnya, Selasa (8/5/2018).

Achmad Baidowi menegaskan, bahwa PKPU merupakan peraturan turunan dari UU No. 7 tahun 2017. Segala jenis aturan yang dimuat dalam PKPU tidak boleh bertentangan dengan UU No. 7 tahun 2017.

Mengenai batas usia minimal 21 tahun, Baidowi mengatakan hal itu jelas tertuang dalam UU. Kalimat yang tertulis pun sama sekali tidak berpotensi multitafsir.

"Kita harus bicara merujuk pada UU yg menjadi ketentuan hukum. Dan PKPU tidak boleh menabrak UU," tandasnya.

Sebelumnya diketahui, Mardani mengusulkan agar KPU memuat syarat usia minimal 19 tahun bagi caleg DPRD kabupaten/kota dalam rancangan peraturan KPU (PKPU) Pemilu 2019. (Af)