Demi Kampanye Tertib dan Santun, RK-Uu Bentuk Laskar RINDU

    146

    PPP.OR.ID – Menjelang kampanye Pilkada, Pasangan Cagub dan Cawagub Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (RK-Uu) merekrut ribuan massa yang diberi nama Laskar RINDU, nama tersebut diambil dari inisial Ridwan dan Uu. 

    Salah satu Kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Uu Ruzhanul Ulum mengharapkan, dengan terbentuknya Laskar RINDU tersebut bisa menciptakan suasana kampanye yang santun dan beretika. 

    Laskar RINDU sebelumnya resmi dibentuk di Kabupaten Cianjur, dan kini ditambah lagi di Wilayah Bandung Raya yang didukukuhkan langsung oleh Uu di Bandung, Minggu (4/2/2018).

    Uu mengatakan, dirinya bersama Ridwan Kamil ingin menghadirkan kampanye yang santun dan beretika. Belajar pada kampanye-kampanye sebelumnya yang kerap kali dinilai merugikan masyarakat. Karena menjadi penyebab kemacetan lalu lintas hingga menyisakan sampah yang berserakan.

    “Karena ada kampanye ini yang ingin wah, kelihatan banyak. Jadinya malah mengganggu lalu lintas,” ujar Uu.

    Bersama kader dan satuan petugas dari partai pengusung, Laskar RINDU akan hadir dalam setiap agenda kampanye RINDU. Mereka akan menjaga ketertiban lalu lintas di sekitar lokasi kampanye hingga membersihkannya saat kampanye usai.

    “Laskar RINDU akan membantu, khususnya saat kampanye terbuka. Kami ingin kampanye yang beretika dan santun,” ungkap Uu.

    Lebih jauh Uu menjelaskan, pembentukan Laskar RINDU juga bertujuan untuk mengakomodasi antusiasme keikutsertaan santri pada pesta demokrasi terbesar di Jawa Barat.

    “Para santri ingin berkontribusi mengawal jalannya Pilgub Jabar,” jelasnya.

    Uu menambahkan, dengan peran dan tanggung jawab yang begitu besar, anggota Laskar RINDU perlu dibekali kemampuan dan pengetahuan yang cukup. Karenanya, seluruh anggota akan mendapatkan pendidikan dan latihan dasar, mulai kesigapan bertindak, pembinaan mental dan emosi, hingga baris berbaris.

    “Juga ada pendidikan keimanan dan bela negara. Kami ingin kampanye ini tertib, tidak mengganggu aktivitas masyarakat,” tandas Uu.

    Sementara itu, Koordinator Laskar RINDU Didi Abdulhadi mengatakan, tingginya antusiasme para santri ini juga menjadi wujud perhatian kalangan pesantren terhadap pasangan RINDU.

    Menurut Didi, keberpihakan kalangan pesantren terhadap RINDU tak lepas dari sosok Uu yang juga berasal dari pesantren.

    Didi mengatakan, pihaknya hanya akan merekrut anggota Laskar RINDU se-Jabar 5.000 orang saja. Selain karena kebutuhan, waktu yang tersedia untuk melakukan perekrutan cukup terbatas.

    “Jadi kami tidak hadir di semua Kabupaten/Kota, hanya per wilayah saja. Seperti sekarang kan di wilayah Bandung Raya digabungkan,” pungkas Didi. (Ch)