Dony Ahmad Munir Ajak Mahasiswa Gali Potensi Desa

90

PPP.OR.ID – Wasekjen DPP PPP Dony Ahmad Munir mengajak mahasiswa untuk menggali potensi-potensi desa yang ada di Sumedang. Menurut Kader PPP Sumedang tersebut, masih banyak potensi desa-desa di Sumedang yang belum tergali oleh masyarakatnya.

“Peran mahasiswa turun ke lapangan dalam menggali potensi desa-desa di Sumedang sangatlah penting. Masih banyak potensi ekonomi desa yang belum tergali,” ungkap Anggota Komisi X DPR-RI asal Sumedang itu, pada pembukaan Bazar KKU (Kuliah Kerjas Usaha) STIE Sebelas April Sumedang, di Kecamatan Conggeang belum lama ini.

Dirinya menyebutkan, dari ilmu yang didapat di kampus, mahasiswa sebagai agen perubahan diharap bisa merubah pola pikir pelaku ekonomi di desa-desa. Jika pola pikir sudah berubah, maka perekonomian masyarakat juga bisa berubah ke arah kemajuan.

“Jika ekonomi masyarakat maju mereka bisa membuka lapangan kerja sendiri dan tidak selalu bergantung pada pemerintah, kalau sudah banyak membuka lapangan kerja, maka Sumedang ini akan lebih sejahtera,” ujarnya.  Dony memberi contoh, program KKU yang dilakukan mahasiswa sangat bermanfaat dalam memberdayakan masyarakat di bidang ekonomi.

Mahasiswa bisa berperan membantu masyarakat mengembangkan potensi ekonomi, seperti membuat makanan ringan dan kerajinan tangan khas desa. KKU mahasiswa, menurutnya sebagai wujud kongkrit pengabdian dan memberikan makna mendalam dalam meningkatkan ekonomi pedesaan.

“Potensi desa-desa di Sumedang ini sangat baik, tinggal sedikit sentuhan dan pembinaan agar produknya lebih baik, baik dari segi pengemasan dan pemasarannya,” paparnya. Meskipun demikian, peran pemerintah juga diperlukan untuk lebih mengembangkan potensi ekonomi desa. (oky)