Drone Buatan Anak Bangsa Menjadi Harapan Pertahanan Nasional

    67

    PPP.OR.ID – Perkembangan teknologi dewasa ini sungguh luar biasa, dunia seakan tengah dikepung dengan berbagai inovasi kreatif. Drone menjadi salah satu bentuk teknologi ciptaan modern yang berkembang dan bisa diaplikasikan dalam berbagai lini kehidupan.

    Melihat pesatnya perkembangan teknologi demikian, anak-anak bangsa Indonesia tidak mau ketinggalan. Mereka menciptakan pesawat tanpa awak Medium Altitude Long Endurance (MALE). Pesawat ini memiliki jarak jangkauan 5.000 kilometer. Sementara untuk ketahanan daya, pesawat ini mampu terbang 24 jam nonstop.

    Pesawat tanpa awak itu diproyeksikan untuk menambah kekuatan pertahanan Indonesia. Dengan kemampuan jangkauan dan daya tahan baterai yang cukup luas dan lama ini sangat potensial digunakan untuk mengemban misi intelegen, pengintaian dan pengawasan. Nantinya akan terus kembangkan serta dilengkapi sistem pilot sesuai misi masing-masing.  

    Rencananya pesawat ini akan dipersenjatai untuk antisipasi dan bisa melakukan penindakan awal jika deperlukan. Ini sangat penting karena biasanya dalam misi pengintaian terjadi hal-hal yang memang tidak diinginkan, jadi memerlukan langkah antisipasi.

    Pesawat tanpa awak ini sudah mulai dikembangkan pada tahun 2015. BPPT lah yang menjadi pemrakarsa bersama Kementerian Pertahanan, ITB sebagai mitra perguruan tinggi, PT Dirgantara Indonesia yang akan melakukan pembuatan pesawat, integrasi dan komersialisasi serta PT LEN akan mengembangkan sistem kendali dan muatan.

    Pada tahun 2022 rencananya pesawat ini akan diproduksi. TNI AU akan menggunakan pesawat nirawak ini di 11 pangkalan drone. Prioritas utamanya adalah menyasar daerah perbatasan baikdaratan dan perairan yang selama ini rawan terhadap terhadpa pelanggaran serta pelanggaran kejahatan.

    Produksi pesawat ini merupakan upaya melepas ketergantungan teknologi pertahanan selama ini. Sudah saatnya Indonesia berdiri mengembangkan teknologinya sendiri. Dengan menggunakan teknologi buatan sendiri kedaulatan negara lebih terjamin dan keamanan wilayah dapat segera terwujud. (ZA)