Fraksi PPP DPR: Puisi Sukmawati Soekarnoputri Menyimpang dari Spirit Bung Karno

14

PPP.OR.ID – Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPR RI, Reni Marlinawati, menyarankan, Sukmawati meminta maaf terkait puisi “Ibu Indonesia” yang menuai polemik. Sebab, karya sastra tersebut bertolak belakang dengan sejarah bangsa dan spirit yang dibawa Bung Karno.

“Jika membaca puisi itu, ada kesan ingin pertentangkan antara negara dan Islam. Padahal, Bung Karno jelas dan tegas mengatakan, menjadi Indonesia tidak akan mengurangi keislaman, kekristenan, kehinduan para pemeluknya,” ujar Reni Marlinawati via siaran pers, di Jakarta, Selasa (3/4/2018).

“Ibu Sukmawati sungguh telah keluar batas dari spirit Bung Karno,” imbuh Anggota Komisi X DPR RI itu. Menurut Reni, meminta maaf tak berarti menunjukkan kekalahan.

Srikandi PPP itu menyarankan agar putri Presiden Soekarno itu untuk meminta maaf perihal puisinya karena bisa memicu kegauhan di publik.

“Namun, meminta maaf merupakan keluhuran hati yang dalam. Saya percaya, Ibu Sukmawati memiliki itu,” ucapnya.

Di sisi lain, Reni mengimbau masyarakat, khususnya umat Islam tak merespons puisi polemik secara berlebihan. “Mari kita selesaikan persoalan ini dengan cara yang baik,” imbau Waketum PPP tersebut

Sedangkan kepada elit, opinion leader, dan stakeholder menahan diri dalam membuat pernyataan. Menurut Wakil Ketua Umum DPP PPP itu, sebaiknya menyambut tahun politik dengan riang gembira. “Tanpa menyakiti dan melukai pihak lainnya,” tutup Ketua Fraksi PPP DPR RI, Reni Marlinawati. (Af)