Fraksi PPP Sebut Presiden Tidak Cuti di Pilpres 2019

48

PPP.OR.ID – Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi menegaskan, terkait dengan kewajiban cuti Presiden Joko Widodo saat kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 nanti. Beliau mengungkapkan, bahwa hingga kini belum diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Belum diatur dalam PKPU. Semangatnya tidak ada cuti. Kalau cuti siapa yang mimpin negara?” ujar beliau, Rabu (21/3/2018).

Anggota Komisi II DPR-RI Fraksi PPP tersebut juga menjelaskan, didalam Pasal 301 UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 tidak menyebutkan kewajiban Presiden dan Wakil Presiden untuk mengambil cuti ketika maju kembali dalam Pilpres.

Pasal tersebut juga menyebut, bahwa ditetapkannya sebagai Capres dan Cawapres dapat berkampanye dengan memperhatikan pelaksanaan tugas dan kewajiban sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

“Ini menjadi perdebatan panjang di Pansus RUU Pemilu. Dari norma tersebut diartikan, Presiden kampanye saat hari libur atau di luar jam kerja,” jelas beliau.

Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman mengungkapkan, Calon Presiden petahana yang ingin maju kembali ke Pilpres 2019 tidak perlu cuti dari jabatannya.

Namun, sampai saat ini pun belum ada ketentuan yang mewajibkan Capres dan Cawapres petahana cuti saat mengikuti Pilpres. Hal itu, menurut beliau, sesuai dengan yang tertuang dalam Pasal 301 Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017. (Ch)